Pertanyaan-Pertanyaan Wawancara Yang Berhubungan Dengan Sikap Dan Perilaku (Behavioral Interview Questions)

Pertanyaan-Pertanyaan Wawancara Yang Berhubungan Dengan Sikap Dan Perilaku (Behavioral Interview Questions)

Bagian dari Strategi Jitu Tes Wawancara ini fokus pada pertanyaan-pertanyaan yang diajukan berkenaan dengan sikap dan perilaku. Sebagaimana telah kami bahas tadi, jenis-jenis pertanyaan ini sering diajukan oleh berbagai macam perusahaan karena pertanyaan-pertanyaan ini membuat sang pewawancara tahu apa keahlian, pengetahuan, dan pengalaman spesifik yang dimiliki oleh para pelamar kerja. Pertanyaan-pertanyaan tentang sikap dan perilaku ini dapat dikenali dengan kata-kata yang digunakan. Sebuah pertanyaan tentang sikap dan perilaku ini dapat dimulai salah satu dari yang berikut ini:

"Ceritakan pada saya tentang …"

"Dapatkah Anda memberi sebuah contoh …?"

"Berikan gambaran waktu …"

"Apakah yang saat itu paling besar/paling penting/paling sulit …?"

"Kapan/Manakala …?"


Begitu Anda mendengar sang pewawancara meminta sebuah contoh, Anda akan tahu bahwa yang dicari adalah sebuah contoh kisah pengalaman kerja Anda sebagai bukti bahwa Anda benar-benar memiliki latar belakang yang Anda klaim pada resume Anda dan yang dibutuhkan untuk pekerjaan itu. Kunci dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang sikap dan perilaku ini adalah harus spesifik. Makin baru dan ada hubungannya dengan pekerjaan contoh yang Anda berikan itu, maka makin efektif pula jawaban Anda nantinya.

Jika Anda tidak memiliki sebuah contoh terbaru dan ada hubungannya dengan pekerjaan yang bisa dikemukakan, gunakanlah alat bantu, kampus, atau pengalaman hidup. Yang penting adalah bagaimana caranya agar hal itu ada hubungannya dengan kualitas-kualitas yang diperlukan dalam pekerjaan yang sedang Anda lamar tersebut.

Pada Bagian 2 Anda akan belajar bagaimana caranya menulis dan menceritakan tentang diri Anda dengan cara yang tertata, padat dan berisi dalam mengutarakan pengalaman-pengalaman Anda dan memperlihatkan kepada sang pewawancara bahwa Anda pernah berhasil dan dapat mengulangi keberhasilan itu di perusahaan baru tersebut.

Bukalah halaman berikutnya untuk masuk ke bagian pertanyaan-pertanyaan tentang sikap dan perilaku dalam Trik Interview Kerja.



-----------------------------


Kembali ke DAFTAR ISI PERTANYAAN WAWANCARA KERJA




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silakan mengisi komentar atas posting yang telah Anda baca. Harap tidak melakukan SPAM atau menggunakan kata-kata kotor, jorok, menyinggung SARA, dsb. Terima kasih :)