Pertanyaan 35 - Trik Interview Kerja

PERTANYAAN INTERVIEW KERJA

35. "Kapankah terakhir kalinya Anda mengubah gaya pribadi Anda untuk beradaptasi dengan seseorang? Berilah gambaran situasinya."

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Karena saya berurusan dengan banyak sekali produk dan pelanggan, saya harus sangat menyadari kebutuhan seorang pelanggan dan melakukan tindakan yang sesuai. Misalnya, saya memiliki beberapa orang pelanggan yang muda dan aktif dan membutuhkan pakaian dan sepatu yang sesuai dengan gaya hidup mereka. Saya memastikan bahwa saya tahu para pelanggan saya dan kebutuhan dari setiap individu. Itu adalah satu bagian besar dari kesuksesan saya dalam penjualan.

(B) Saya bekerja dengan sekelompok anak muda yang sedang mencari pakaian untuk digunakan dalam kegiatan perkemahan. Daripada memberikan kepada mereka saran tentang apa yang "seharusnya" mereka pakai, saya menanyakan kepada mereka beberapa pertanyaan dan kemudian menyimak apa yang harus mereka katakan. Saya mendengar hal-hal yang tak akan terpikirkan oleh saya bilamana saya sebelum itu langsung memberikan saran saya. Berdasarkan apa yang saya dengar itu, saya pun membuatkan suatu seleksi untuk dipresentasikan kepada mereka pada pertemuan kami yang berikutnya. Mereka benar-benar kaget mendapati bahwa saya telah mendengarkan permintaan mereka.

(C) Bagi saya keahlian ini adalah kekuatan utama yang saya miliki. Saya punya kemampuan dalam mengubah gaya pribadi saya untuk menyesuaikan diri dengan orang yang bekerja dengan saya. Saya mempertimbangkan apakah produk yang sedang saya jualkan itu dan siapakah pelanggan saya, dan saya pun menyesuaikan gaya saya: cara berbicara dan apa yang saya katakan. Selama ini hal itu adalah sarana yang paling efektif bagi saya untuk meningkatkan keahlian komunikasi saya dan meningkatkan penjualan.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat
(B)
Di dalam jawaban ini terdapat contoh yang paling kuat dari waktu yang spesifik kapan Anda menyesuaikan gaya Anda. Di sini diperlihatkan adanya keluwesan dan kemampuan dalam mengetahui kapan saatnya untuk menekan dan kapan untuk mundur, yang mana hal itu adalah sebuah ciri yang penting dalam penjualan. Di sini juga diperlihatkan adanya kemampuan untuk bekerja dengan orang-orang yang beragam latar belakang usia dan kepentingannya dan dalam melakukan penelitian pasar. Keahlian-keahlian lainnya yang diperlihatkan adalah kemampuan untuk menyimak dan kemampuan mengikuti hingga selesai (follow through).

Jawaban Pertengahan
(A)
Di dalam jawaban ini tidak terdapat sebuah contoh yang spesifik, namun memang ada sebuah "misalnya," yang, sayangnya, kedengaran umum. Walaupun ia berbicara tentang kemampuan menyesuaikan diri dan pelayanan pelanggan, ia perlu memperlihatkan sebuah contoh aktual agar menjadi sebuah jawaban yang lebih kuat.

Jawaban Terlemah
(C)
Ini adalah jawaban yang paling lemah karena mengemukakan suatu hal yang umum. Seperti jawaban (A) di sini ada keahlian-keahlian seperti kemampuan dalam hal menyesuaikan diri dan memberikan penilaian, namun di sini tidak ada bukti konkretnya bahwa Anda pernah melakukan apa yang Anda katakan itu. Jawaban ini akan menjadi lebih kuat jika Anda menceritakan sebuah cerita suatu waktu tatkala Anda pernah menyesuaikan gaya Anda.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 0 poin. _____

-----------------------------

kembali ke
50 ISI MATERI WAWANCARA
atau

cristal x
JANGAN DI-KLIK YA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan mengisi komentar atas posting yang telah Anda baca. Harap tidak melakukan SPAM atau menggunakan kata-kata kotor, jorok, menyinggung SARA, dsb. Terima kasih :)