Materi Wawancara Kerja

PENDAHULUAN
Lakukan Tes Ini Dan Ukurlah Kemampuan Wawancara Anda

Jika Anda melakukan tes wawancara ini, Anda akan memiliki gambaran tentang seberapa bagus Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan dalam wawancara kerja. Baik Anda adalah orang yang baru pertama kali mengikuti wawancara maupun yang sudah berpengalaman, tes dalam buku ini akan memberikan pemahaman yang mendalam tentang hal-hal apa saja yang biasanya muncul dalam pertanyaan-pertanyaan pewawancara.

Jawaban yang diberikan di dalam buku ini tidak dimaksudkan untuk diingat atau dikutip, melainkan berfungsi sebagai panduan utama dalam trik menjawab pertanyaan wawancara kerja.

Nantinya, Anda diharapkan mampu mengembangkan jawaban-jawaban Anda sendiri. Jangan sampai Anda terjebak dalam jawaban-jawaban klise.
Jawaban klise gampang sekali ditebak, karena merupakan jawaban yang sering dilontarkan banyak orang.
Contoh pertanyaan sang pewawancara: “Apa yang Anda cari dalam pekerjaan baru Anda nantinya?”
Jawaban klise: “Saya ingin bekerja pada perusahaan yang berorientasi pada pertumbuhan, sehingga saya dapat menggunakan kemampuan saya dan belajar serta dapat mengembangkan kemampuan-kemampuan baru.
Instruksi
Setiap pertanyaan pewawancara akan diikuti dengan 3 pilihan

Jawaban, yakin (A), (B), dan (C). Tugas Anda adalah memilih jawaban yang Anda anggap paling efektif dalam setiap situasi. Pilihlah jawaban yang Anda anggap paling kuat. Ketika Anda mencermati setiap pilihan, berpikirlah dengan cara sang pewawancara berpikir. Dari jawaban tersebut akan terpampang informasi mendalam tentang kemampuan dan pengalaman si calon karyawan.

Setelah menyelesaikan tes ini, cek jawaban yang telah Anda pilih. Kemudian lihatlah skor Anda dan kategori peringkat kemampuan tes wawancara Anda.

Abaikanlah hasil tes pertama Anda, lalu lakukanlah tes kedua dan lihatlah apakah Anda dapat meningkatkan skor wawancara Anda. Dengan mempelajari beberapa kali contoh-contoh yang diberikan di buku ini, Anda akan menjadi terbiasa dengan jenis-jenis pertanyaan yang nantinya mungkin akan Anda hadapi dan memberi Anda gagasan tentang jawaban-jawaban yang paling kuat untuk pertanyaan-pertanyaan itu.

Cobalah untuk membaca ulang tes wawancara Anda satu hari sebelum Anda menjalani wawancara kerja yang sesungguhnya untuk menyegarkan kembali ingatan Anda, tetapi yang terpenting adalah hal apa yang membuat suatu jawaban menjadi sebuah jawaban yang paling kuat.

Setelah Anda puas dengan skor yang berhasil Anda capai, Anda akan siap untuk menyusun cerita Anda sendiri. Lihatlah Bagian 2 untuk mempelajari gagasan rahasia dan kajian mendalam tentang trik bercerita yang akan memudahkan Anda dalam menyampaikan cerita Anda sendiri secara fokus dan ringkas.



 MULAI LATIHAN DARI SINI !!!