Mengapa Begitu Lama Anda Menemukan Pekerjaan? | Pertanyaan 10 - Teknik Wawancara

10 interview kerja di pt pertanyaan wawancara
10. "Mengapa begitu lama baru Anda menemukan sebuah pekerjaan?"


Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Karena pasar tenaga kerja begitu ketat, saya tidak mau asal-asalan dan berusaha untuk mencari sembarang pekerjaan. Saya menunggu saat yang tepat, sambil memikirkan untuk menemukan pekerjaan "tepat." Saya mendatangai beberapa wawancara informasional untuk mencari tahu peluang-peluang apa yang ada di luar sana dan ke arah mana industri tersebut diarahkan. Saya juga mengikuti beberapa kursus jarak jauh melalui internet dan beberapa kursus singkat lainnya. Harus saya akui bahwa saat-saat untuk melakukan riset dan penjelajahan merupakan saat-saat yang menyenangkan bagi saya.

(B) Saya benar-benar tidak yakin. Saya punya latar belakang yang sangat bagus dengan pengalaman lima tahun di industri ini dan pengetahuan mengenai beberapa program perangkat lunak. Saya tahu bahwa di luar sana ada banyak orang yang memiliki keahlian serupa, namun yang membedakan saya dengan orang-orang itu adalah kemampuan saya dalam menjalin hubungan dan bekerja dengan para pelanggan dari beragam latar belakang. Dengan memiliki kombinasi keahlian teknis dan keahlian bergaul dengan orang telah membantu saya untuk maju. Saya sedang mencari sebuah peluang di perusahaan yang menaruh penghargaan atas pelayanan pada pelanggan.

(C) Di luar sana bursa tenaga kerja benar-benar ketat, dan tidaklah mudah mendapatkan pekerjaan. Selama ini seluruh waktu saya tercurah untuk mencari kerja. Saya cuma belum beruntung saja. Saya telah melakukan semua hal yang semestinya seperti membangun jaringan dan pergi ke klub-klub dan pertemuan-pertemuan pekerjaan, namun tampaknya keahlian saya belum dibutuhkan. Saya tahu bahwa di luar sana ada banyak orang yang juga sedang mencari kerja. Persaingan sangat ketat.


EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat
(B) Ini adalah jawaban yang paling jujur. Jawaban ini juga mengelak dari pertanyaan dan fokus pada apa yang harus Anda tawarkan, khususnya apa yang membedakan diri Anda dari semua orang lain yang sedang melamar pekerjaan ini. Membicarakan tentang apa yang dapat Anda berikan pada pekerjaan ini, bukannya apa yang telah Anda tempuh untuk sampai pada tahapan tes wawancara ini adalah sebuah teknik yang baik.

Jawaban Pertengahan
(A) Ini adalah sebuah jawaban yang lumayan bagus karena menerangkan apa yang selama ini Anda kerjakan selama Anda masih menganggur. Jawaban ini dapat memberikan keuntungan dari informasi tentang apa yang telah Anda temukan dalam pencarian informasi yang Anda lakukan atau apa yang harus Anda tawarkan sebagai hasil dari pencarian Anda.

Jawaban Terlemah
(C) Ini adalah jawaban paling lemah karena di sini Anda menyalahkan perekonomian atas "ketidakberuntungan" Anda. Dalam jawaban ini juga disebutkan bahwa keahlian Anda belum dibutuhkan dan bukannya memberikan gambaran apa yang telah Anda lakukan untuk meningkatkan keahlian-keahlian yang Anda miliki guna membuat diri Anda menjadi lebih mudah memperoleh pekerjaan. Jawaban ini memiliki suatu nada yang pasif. Sang pewawancara bisa saja berpikiran bahwa tak ada orang lain yang mau mempekerjakan Anda dan barangkali diri Anda bukanlah produk yang diminati.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 0 poin. _____

-----------------------------