Apa Yang Paling Anda Nilai Pada Rekan Kerja Satu Tim? | Pertanyaan 17 - Trik Interview Kerja

17 pertanyaan interview kerja dan jawabannya
17. "Apa yang paling Anda nilai pada diri seorang rekan dalam satu tim?"


Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya telah bekerja dengan beraneka ragam orang, dan mereka yang paling bernilai bagi saya adalah mereka yang dapat diandalkan. Salah satu yang membuat saya kesal adalah menyerahkan sesuatu dan mendapati bahwa ternyata hal itu tak pernah diurus dengan baik. Saya tak mengerti bagaimana sebagian orang tetap bisa mempertahankan pekerjaannya padahal dirinya tak dapat diandalkan untuk menyelesaikan pekerjaan itu.

(B) Saya benar-benar menghargai teman satu tim yang suportif dan mau melakukan apa saja yang dibutuhkan. Salah satu proyek pada perusahaan saya yang terakhir benar-benar menguji kesolidan tim kami manakala salah seorang dari anggotanya mengalami kecelakaan dan harus beristirahat. Walaupun kami masing-masing punya tenggat waktu sendiri, kami semua terjun untuk mengisi kekokosongan manakala hal itu terjadi. Itu berarti dua akhir pekan panjang tambahan, namun kami memiliki tujuan yang sama. Kami mampu menepati tenggat waktu dan merasa senang bisa menolong seseorang yang ditimpa masalah.

(C) Saya menghargai keahlian komunikasi dalam suatu pekerjaan yang saya lakukan, namun khususnya lagi manakala saya bekerja dalam tim. Saya pikir adalah suatu hal yang esensial bagi siapa pun pada tim itu untuk bisa mengekspresikan dirinya secara jelas dan mampu menyimak dan mengikuti arahan. Manakala komunikasi terputus maka tim itu sudah tidak ada lagi. Keahlian berbahasa adalah bagian yang paling tim dalan usaha suatu tim.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat
(B)
Ini adalah jawaban yang paling kuat karena di dalamnya ada contoh yang jelas untuk mendukung pendapat Anda. Jawaban ini sekunder pada pesan yang disampaikannya. Kerja tim artinya adalah bergaul dan bekerja bersama.

Jawaban Pertengahan
(A)
Jawaban ini dapat dipandang sebagai keluhan atau negatif. Dapat diandalkan adalah sebuah ciri yang penting, namun jawaban ini akan menjadi lebih kuat bila dikemukakan dengan cara yang lebih positif: "Saya menghargai adanya sifat dapat diandalkan dari teman-teman satu tim karena itu berarti pekerjaan diselesaikan dan setiap orang dapat memetik manfaat."

Jawaban Terlemah
(C)
Jawaban ini takes on a life on its own dan keluar dari jalur. Jawaban ini lebih menekankan pada komunikasi yang efektif dibandingkan "nilai teman satu tim." Jawaban ini tidak salah—keahlian berkomunikasi sangat diinginkan. Hanya saja hal itu tidak ada hubungannya dengan pertanyaan yang diajukan.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 0 poin. _____

-----------------------------