Apakah Yang Terpenting Dalam Suatu Pekerjaan/Perusahaan? | Pertanyaan 18 - Teknik Wawancara

18 pertanyaan interview kerja pertama kali
18. "Bagi Anda hal apakah yang terpenting dalam suatu pekerjaan/perusahaan?"


Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya mencari perusahaan yang berorientasi pada pertumbuhan, sebuah tempat yang aman, di mana saya tumbuh bersama perusahaan itu. Ada banyak perubahan yang sedang berlangsung di dalam industri sehingga saya mencari sebuah perusahaan yang memiliki sebuah reputasi dan pondasi yang solid. Saya mencari pekerjaan yang mana tingkat perputarannya rendah karena hal itu biasanya adalah sebuah indikator dari bagaimana cara mereka dalam memperlakukan para karyawan dan memberikan kompensasi.

(B) Hal pertama yang saya cari dari sebuah pekerjaan adalah peluang ditawarkannya. Agar dapat berkesempatan bekerja pada sesuatu yang benar-benar menarik yang membuat berbeda dalam kehidupan pribadi atau profesional adalah ide saya tentang kepuasan kerja. Saya bukannya bermaksud bahwa saya ingin menyelamatkan dunia, namun bila saya dapat memberikan kontribusi pada sebuah perusahaan dan tujuan dari perusahaan itu, saya tahu di sana saya dapat menemukan kepuasan.

(C) Hal pertama yang saya cari adalah kepuasan kerja. Yang saya maksudkan dengan hal itu adalah sebuah perasaan bahwa pekerjaan saya ini faktanya adalah penting atau skema besar. Saya juga mencari pekerjaan yang memiliki peluang untuk maju. Saya ingin tumbuh bersama perusahaan tersebut. Terakhir, saya ingin membina hubungan yang menyenangkan dengan teman-teman sekerja saya. Saya menghabiskan banyak waktu pada pekerjaan saya dan ingin hal itu menjadi sebuah pengalaman yang baik.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat
(C)
Ini adalah jawaban yang paling kuat karena menawarkan nilai-nilai yang lebih luas dibandingkan yang lainnya. Kepuasan kerja menduduki puncak nilai bagi hampir semua pelamar kerja. Karena Anda menerangkan apa artinya kepuasan kerja bagi Anda, sang pewawancara memiliki ide yang lebih baik tentang minat karir Anda. Bacalah pada iklan lowongan kerja dan tentukanlah nilai-nilai apa yang penting di perusahaan tersebut. Bila nilai-nilai Anda sejalan dengan nilai-nilai perusahaan tersebut, ini adalah peluang untuk membuat sang pewawancara tahu bahwa Anda akan "merasa cocok" dan menikmati bekerja di sana.

Jawaban Pertengahan
(B)
Jawaban ini tidak buruk, namun mungkin terasa sedikit terlalu ideal atau seperti "hafalan." Itu seperti menjawab bahwa Anda menginginkan perdamaian dunia. Memang ide yang bagus untuk berminat pada gambaran perusahaan yang lebih besar dan menjadi bagian dari gambaran tersebut, namun Anda akan terdengar lebih masuk akal dan realistik jika Anda sebutkan beberapa nilai yang memiliki basis yang lebih luas, seperti kerja tim, otentisitas, keseimbangan, atau kebutuhan atas adanya sebuah tantangan.

Jawaban Terlemah
(A)
Ini adalah yang paling lemah karena terlalu fokus pada keuntungan-keuntungan apa yang dapat Anda peroleh dari perusahaan. Jawaban ini dapat dilihat sebagai sebuah indikator dari rasa ketidakamanan Anda, menampilkan diri Anda sebagai seseorang yang sedang mencari keamanan di dalam sebuah perusahaan. Tak ada satu pun perusahaan yang dapat menjamin keamanan dalam situasi dunia yang suka berubah pada saat ini; hal itu adalah tujuan yang tidak realistis. Menanyakan tentang tingkat perputaran adalah sebuah ide yang bagus, namun jangan katakan itu sebagai salah satu kriteria Anda dalam sebuah tes wawancara.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 0 poin. _____

Iklan lowongan kerja adalah hadiah yang diberikan kepada Anda oleh perusahaan/pemberi kerja. Ini adalah sebuah daftar dari kualitas-kualitas yang diinginkan bagi pekerjaan tersebut. Jika Anda membuat perbandingan antara apa yang sedang mereka cari dan apa yang Anda inginkan dalam sebuah pekerjaan, Anda akan mendapat ide apakah hal ini cocok bagi Anda. Jika pekerjaan ini tidak cocok, mungkin Anda ingin mempertimbangkan kembali untuk melamar pekerjaan itu. Apakah Anda memang menginginkan pekerjaan ini?

-----------------------------