Bagaimana Gambaran Leadership / Manajemen Anda? | Pertanyaan 15 - Trik Interview Kerja

15 persiapan interview kerja pertanyaan wawancara
15. "Berikan gambaran tentang gaya kepemimpinan atau manajemen Anda."


Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya adalah seorang yang "sangat terdorong dari bawah." Pelanggan adalah produk yang paling penting dan satu-satunya yang memungkinkan untuk membayar tagihan. Ada sejumlah permainan. Makin banyak pelanggan yang Anda miliki, makin banyak pula pendapatan yang dihasilkan. Saya percaya pada pelayanan pelanggan. Saya percaya pada pemberdayaan tim saya untuk melakukan apa pun yang diperlukan untuk memuaskan pelanggan. Saya percaya bahwa bila Anda memiliki basis pelanggan yang solid, Anda memiliki bisnis yang menguntungkan.

(B) Saya memimpin dengan memberikan teladan. Saya bekerja keras dan menepati tenggat waktu, dan saya mengharap para bawahan saya juga melakukan hal yang sama. Saya tidak keberatan membantu bila memang ada masalah, namun saya tidak percaya pada gaya membimbing seseorang dalam melakukan pekerjaannya. Saya memberikan penugasan dan berharap pekerjaan itu akan dirampungkan. Bila saya harus selalu mengawasi agar orang-orang menepati jadwal, saya bukanlah seorang manajer yang baik. Gaya yang saya sukai sebagai seorang atasan adalah pendekatan "bebas." Berikan saja penugasan pada saya dan biarkan saya mengerjakannya.

(C) Jika Anda menanyai anggota tim saya, mereka akan mengatakan bahwa saya adalah seorang manajer yang fair dan terbuka. Saya setiap hari selalu ada. Tujuan saya adalah mengenali kekuatan orang-orang. Baru-baru ini saya mempromosikan seorang anggota tim yang mulanya adalah seorang karyawan yang bermasalah namun melalui suatu pelatihan secara pribadi dari saya, disertai dengan kemauan dari pihaknya untuk menambah waktu, dia kini telah menjadi seorang bintang.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat
(C)
Ini adalah jawaban yang paling kuat karena ada contoh spesifik dan endorsemen tidak langsung dari tim Anda. Ini adalah teknik yang baik untuk digunakan manakala Anda sedang menjawab sebuah pertanyaan subyektif seperti yang satu ini. Ini juga menunjukkan adanya sebuah komitmen yang tulus pada para anggota tim dan membiarkan mereka tahu bahwa pekerjaan mereka dihitung dalam gambaran yang lebih besar dan memberikan contoh yang spesifik tentang bagaimana Anda melakukannya.

Jawaban Pertengahan
(A)
Jawaban ini tidak memperlihatkan adanya pemahaman dasar tentang kepemimpinan. Ia tentu saja bicara tentang kemana fokus manajemen: "menghasilkan uang melalui para pelanggan." Akan tetapi, ia tidak bicara tentang pelanggan internal: sang pekerja. Ia bicara tentang pemberdayaan orang, yang mana hal itu positif.

Jawaban Terlemah
(B)
Dengan menggantungkan pada bagaimana deskripsi jabatan yang ditulis dan apa yang sedang mereka cari, jawaban ini menunjukkan pendekatan manajemen yang sangat bebas. "Beri mereka kerja dan biarkan mereka berjuang" begitulah pesan yang disampaikan di sini. Hampir semua perusahaan lebih menyukai para manajer yang bekerja sama dengan dan membangun orang-orangnya.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 0 poin. _____

-----------------------------