Apakah Anda Yakin Diri Anda Overqualified Untuk Posisi Ini? | Pertanyaan 20 - Teknik Wawancara

20 pertanyaan saat interview kerja
20. "Apakah Anda yakin bahwa diri Anda overqualified (melampaui persyaratan yang diperlukan) untuk posisi ini?"


Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Apakah Anda khawatir pada kemampuan saya untuk berhasil pada posisi ini? Saya dapat menjamin Anda bahwa saya selalu bekerja keras dan menyelesaikan pekerjaan saya tak peduli apa gelar atau gaji saya. Pekerjaan saya sangat penting bagi saya, dan saya ingin tampil beda. Manakala Anda bicara tentang overqualified, saya tidak yakin apa itu maksudnya. Jika Anda pikir gaji saya terlalu tinggi, saya dapat menjamin pada Anda bahwa peluang ini jauh lebih penting daripada bayarannya. Saya ingin pekerjaan ini, dan jika Anda memilih saya, akan saya buktikan bahwa saya dapat melakukan pekerjaan ini, sambil membawa pengalaman dan kesuksesan yang saya miliki.

(B) Sejak pertama kali saya membaca iklan untuk posisi ini, saya tahu bahwa saya dapat melakukan pekerjaan ini dan mengerjakannya dengan baik. Saya memiliki pengalaman yang luas yang akan meningkatkan posisi ini sebagaimana digambarkan, dengan membawa ide-ide dan metode-metode baru. Saya punya catatan bukti keberhasilan dalam menata kekacauan dan mengatur pekerjaan agar berjalan secara efisien. Dari apa yang kita bicarakan selama hari ini, saya merasa bahwa saya dapat menjadi solusi bagi masalah Anda. Saya tidak akan menyebut hal itu sebagai overqualified. Saya akan menyebutnya sebagai suatu kelebihan yang ada pada diri saya.

(C) Hal itu tergantung pada definisi overqualified. Saya sudah lama berada di industri ini. Saya ingat masa-masa tatkala kami bekerja tanpa komputer. Saya sudah belajar dengan bersusah payah, bukan hanya dengan bersekolah seperti anak-anak muda itu, namun dengan kerja keras dan proses trial and error. Saya punya etika kerja yang sangat baik, dan siapa pun yang pernah bekerja pada saya akan mengatakan kepada Anda bahwa saya adalah seorang yang berdedikasi dan sangat dapat diandalkan. Saya selalu menepati tenggat waktu dan tujuan yang saya tetapkan bagi diri saya sendiri. Saya diajari untuk bekerja mencari penghasilan, bukan hanya mengumpulkannya dengan cara sekadar datang.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat
(B)
Ini adalah jawaban yang paling kuat karena terdengar penuh semangat dan persuasif. Anda dapat membawa sesuatu yang dibutuhkan oleh perusahaan baru tersebut, dan Anda dapat memberikan nilai tambah. Salah satu yang menjadi titik kekhawatiran tatkala seseorang itu overqualified adalah bahwa dia tidak akan betah tinggal lama-lama. Kekhawatiran itu dapat disampaikan pada jawaban-jawaban berikutnya.

Jawaban Pertengahan
(A)
Jawaban ini tidak buruk; hanya saja ada nada putus asa, hampir seperti mengemis untuk mendapatkan pekerjaan. Situasi ini hendaknya bersifat win-win bagi setiap orang: "Ini apa yang hendak saya tawarkan. Apa yang sedang Anda cari?" Salah satu yang menjadi titik kekhawatiran dari seseorang yang telah memiliki pengalaman bertahun-tahun adalah bahwa gaji yang diminta akan terlalu tinggi. Bagaimanapun, yang terbaik adalah tidak mengangkat pokok pembicaraan ini hingga sang pewawancara menanyakan hal itu.

Jawaban Terlemah
(C)
Jawaban ini terdengar usang dan perlu disegarkan. Tatkala seseorang berpikir bahwa Anda overqualified, mungkin saja dia sedang menghubungkannya dengan berapa tahun pengalaman Anda. salah satu hal yang mungkin dikhawatirkan oleh sang pewawancara adalah kemampuan Anda untuk be cutting-edge. Tatkala Anda bicara tentang tidak adanya komputer pada "masa-masa lalu yang indah," pewawancara mulai berpikir bahwa kecurigaan mereka itu benar.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 0 poin. _____

Kosa kata memegang peranan penting dalam tes wawancara. Janganlah membuat Anda tampak lebih tua dengan mengatakan hal-hal seperti "anak-anak muda" atau mengutip pepatah-pepatah kuno. Menggunakan bahasa yang pas bisa menjadi pembeda antara keberhasilan dan kegagalan. Ceklah beberapa iklan lowongan kerja untuk melihat bahasa yang sedang dipakai di perusahaan atau industri.

-----------------------------