Ceritakan Pengalaman Anda Menangani Proyek Besar | Pertanyaan 26 - Teknik Wawancara

26 tes wawancara cakap interview kerja
26. "Ceritakan kepada saya proyek terbesar yang pernah Anda kerjakan mulai dari awal hingga akhir."


Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Perusahaan tempat saya kerja dulu menerima sebuah order besar; sesungguhnya, itu adalah order terbesar pernah diterima oleh perusahaan itu. Order itu dari klien besar, dan penyelesaian dari order itu akan menjadi sebuah bonus besar bagi kami dan aliran pendapatan pada masa depan. Tantangan kami adalah pada isu penetapan harga. Untuk membuat desain apa yang kami mulai untuk didesain menjadi tidak masuk akal karena besarnya biaya untuk material dan tenaga kerjanya. Setelah banyak melakukan rapat kami pun mampu mengombinasikan beberapa ciri produk itu dan tetap memuaskan sang pelanggan. Saya tak pernah bekerja lebih keras pada sebuah proyek untuk memenuhi sebuah keinginan yang tidak masuk akal.

(B) Kami pernah mengerjakan sebuah proyek keselamatan yang hampir kami semua memiliki sedikit atau tidak punya pengalaman dalam hal itu sebelumnya. Kami benar-benar harus berkumpul dan berbagi informasi dan sumber daya untuk menggarap pekerjaan yang satu ini. Untunglah, kami semua dapat bekerja sama dengan baik dan saling mendukung. Kami mampu menggarap proyek ini dengan banyak mengerahkan upaya. Kami bekerja lembur dan tidak libur selama dua bulan. Kami bekerja erat dengan departemen-departemen lain di perusahaan itu guna memastikan bahwa kami memenuhi apa yang dibutuhkan oleh sang pelanggan. Kabar baiknya adalah bahwa saat itu kami mampu merampungkannya. Setiap orang benar-benar merasa senang dalam menggarap proyek ini.

(C) Saya diserahi tanggung jawab untuk membuat desain program keselamatan untuk sebuah order besar yang diterima oleh perusahaan terakhir saya. Hal pertama yang saya lakukan adalah menyeleksi tiga orang teknisi papan atas untuk bekerja bersama saya. Kami bekerja sebagai sebuah tim, di mana masing-masing dari kami mendapat tugas menggarap satu bagian dari proyek tersebut. Saya memimpin kelompok itu dengan mengoordinasikan jadwal-jadwalnya dan memastikan bahwa semua tenggat waktu ditepati. Saya senantiasa berkomunikasi dengan para anggota tim saya dan selalu ada untuk membantu mencarikan jalan keluar yang dibutuhkan. Karena adanya keterbukaan komunikasi di antara kami berempat, kami pun mampu merampungkan proyek tersebut sebelum tanggal pengirimannya.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat
(C)
Ini adalah jawaban yang paling kuat karena memberikan sebuah gambaran yang sangat jelas, dengan rincian situasinya. Walaupun ini adalah sebuah situasi di dalam tim, sang pewawancara dapat melihat peran "Anda" dalam memecahkan masalah. Dengan menggunakan kata ganti "saya" Anda memberikan sebuah gambaran yang lebih jelas tentang keahlian-keahlian yang Anda gunakan. Contoh ini membicarakan tentang beberapa keahlian yang dulu Anda gunakan: kepemimpinan, koordinasi, mengikuti hingga selesai (follow-through), mengikuti alur (tracking), komunikasi, memecahkan masalah, manajemen waktu, dan menangani masalah-masalah yang sulit.

Jawaban Pertengahan
(B)
Ada satu masalah yang khas dalam jawaban ini: Ada terlalu banyak kata "kami" (tepatnya ada tujuh kata) dan tidak cukup kata "saya" (tak ada satupun). Sang pewawancara tidak tahu apa peran Anda saat itu. Sementara penting untuk memberikan kredit poin bila memang layak, maka juga perlu memberikan gambaran apa yang telah Anda lakukan dalam menggarap proyek ini sebagai anggota tim atau pimpinan.

Jawaban Terlemah
(A)
Ini adalah jawaban yang paling lemah karena terlalu banyak menekankan pada perusahaan dan proyek itu dan tidak cukup penekanan pada peran "Anda." Apa persisnya peran Anda dalam upaya yang dilakukan oleh tim ini? Salah satu kesalahan terbesar yang dibuat oleh pelamar kerja adalah tidak mengatakan apa peran yang mereka mainkan pada saat itu. Diperlukan lebih banyak rincian tentang tindakan-tindakan yang telah Anda lakukan agar jawaban ini menjadi kuat.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 0 poin. _____

Penggunaan yang tepat kata-kata ganti "saya" dan "kami" dalam menceritakan pengalaman Anda adalah suatu hal yang kritis. Sementara adalah yang penting untuk tidak memberikan kredit pada sesuatu yang dilakukan oleh tim, maka sama pentingnya untuk memberikan kredit kepada diri Anda sendiri atas peran Anda dalam proyek itu. Manakala Anda menggunakan "kami" dan bukannya "saya," maka sang pewawancara pun mengalami kesulitan untuk menentukan peran yang Anda mainkan.

-----------------------------