Ceritakan Pengalaman Anda Ketika Bekerja Melebihi Porsi | Pertanyaan 36 - Teknik Wawancara

36 tes wawancara persiapan interview kerja
36. "Coba ceritakan sebuah pengalaman ketika Anda melakukan lebih banyak pekerjaan dari yang diperlukan."


Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya adalah orang yang suka dengan kesibukan. Tatkala beban kerja saya selesai, saya berusaha mengatur bagaimana caranya agar lebih efisien. Pada suatu hari sewaktu sedang memproses suatu klaim, saya mendapat ide bahwa para tenaga penjualan dapat memasukkan klaim secara on-line lewat Internet dan memperpendek seluruh proses. Saya menambahkan waktu ekstra untuk membuat desain sebuah sistem yang dapat digunakan sebagai sebuah prototipe. Saya memperlihatkannya kepada atasan saya, dan dia berpikir bahwa hal itu adalah sebuah ide dan desain yang hebat. Bahkan, dia juga memperlihatkannya kepada atasannya lagi. Akhirnya sistem itu dimasukkan ke dalam proses perusahaan.

(B) Bekerja melebihi apa yang diharapkan adalah suatu hal yang selama ini saya lakukan. Saya selalu mendapat penilaian kinerja yang sangat bagus dan melaksanakan tugas sebagaimana yang diminta. Saya selalu berusaha menolong orang lain kapan pun mereka ada masalah. Saya merasa bahwa orang lain sangat penting bagi bisnis kami, dan saya sangat tanggap pada masalah-masalah para pelanggan. Saya adalah support person yang sangat berdedikasi yang dapat diandalkan untuk mengerjakan pekerjaan dan memberikan perhatian saya sepenuhnya.

(C) Saya adalah orang yang membuat perencanaan di depan, dan saya selalu dapat menangani beban kerja dengan baik. Karena saya orang yang sangat terorganisir, saya tak pernah terlambat dan menepati semua tenggat waktu yang diberikan. Saya dapat membanggakan sifat yang dapat diandalkan. Saya selalu membuat perencanaan di depan, dengan menggunakan para pengingat bagi diri saya. Saya menambahkan berapa pun jumlah waktu yang diperlukan. Atasan saya akan mengatakan kepada Anda bahwa saya sangat efisien dan punya sikap yang sangat hebat dalam hal menyelesaikan pekerjaan saya dan melakukan apa pun yang dibutuhkan.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat
(A)
Ini adalah jawaban yang paling kuat karena ada contoh suatu waktu di mana Anda melakukan melebihi yang dibutuhkan dalam pekerjaan itu. Dalam jawaban ini Anda memperlihatkan sebuah pendekatan yang sangat proaktif dalam memikirkan solusi-solusi untuk mengatasi berbagai masalah. Jawaban ini juga dapat digunakan bila Anda ditanya tentang kapankah Anda pernah memikirkan sebuah solusi untuk suatu masalah.

Jawaban Pertengahan
(B) Jawaban ini kurang memiliki sebuah contoh yang "spesifik." Ada bahan-bahan untuk menyusun sebuah cerita yang bagus, namun dibutuhkan adanya rincian. Bila Anda memberikan sebuah contoh suatu waktu di mana Anda mau meluangkan waktu untuk membantu seorang pelanggan yang punya masalah, maka jawaban itu akan menjadi lebih relevan.

Jawaban Terlemah
(C) Ini adalah jawaban yang lemah karena tidak jelas. Di sini ada daftar sekian banyak keahlian yang bagus namun kekurangan contoh tentang waktu di mana keahlian-keahlian tersebut digunakan. Bagian terkuat dari jawaban ini adalah mengutip kata-kata atasan Anda. Biasanya memang berjalan bagus menggunakan "pihak ketiga" untuk mengendorsemen pekerjaan Anda.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 0 poin. _____

Menulis kisah-kisah keberhasilan Anda akan membuat diri Anda siap dalam menjawab sejumlah pertanyaan dan memperlihatkan bahwa Anda pernah melakukan pekerjaan yang serupa dengan berhasil pada masa lalu. Kisah pengalaman Anda kadang-kadang dapat dipakai berulang kali untuk menjawab lebih dari satu pertanyaan.

-----------------------------