Coba Beri Contoh Ketika Anda Bekerja Dalam Lingkungan Yang Bergerak Cepat | Pertanyaan 33 - Trik Interview Kerja

33 tes wawancara jawaban interview kerja
33. "Dapatkah Anda berikan kepada saya sebuah contoh bekerja dalam lingkungan yang bergerak dengan cepat?"


Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya berkembang pesat dalam lingkungan yang bergerak dengan cepat di mana saya ditantang untuk menepati tenggat waktu. Makin besar tekanannya, makin baik respons saya. Saya pernah terlibat dalam lima proyek sekaligus, semuanya dengan tenggat waktu yang ketat. Saya selalu belajar dari setiap proyek yang telah saya rampungkan dan dapat menerapkan informasi baru itu pada proyek berikutnya agar lebih efisien. Saya memiliki kemampuan untuk berpikir dengan sangat cepat dan merespons situasi sebagaimana yang diperlukan, dengan sebuah kepekaan yang bagus atas apa yang diperlukan. Saya tak pernah memiliki penugasan yang mana saya tidak berhasil menjalankannya. Saya memiliki keahlian berorganisasi dan berkomunikasi yang sangat baik. Saya juga memiliki keahlian komputer yang sangat bagus yang dapat membantu dalam tracking sebuah proyek.

(B) Sewaktu saya menjadi support person di sebuah biro jasa hukum, pernah suatu waktu kami harus mempersiapkan segala keperluan untuk sebuah kasus dan kami sedang dalam kekurangan tenaga karena salah seorang support person lainnya sedang sakit. Saya mengambil tanggung jawab dalam mengoordinasikan semua laporan. Hal pertama yang saya lakukan adalah duduk bersama para pengacara yang ikut terlibat dan meminta mereka untuk memberikan ide kepada saya tentang prioritas yang mereka perlukan untuk menyelesaikan bagian yang mereka kerjakan dalam proyek itu. Kemudian saya membuat spread-sheet untuk tugas itu dan bekerja sama dengan setiap orang agar mereka tetap berada di jalur yang telah ditetapkan. Kami bekerja hingga larut, pukul 2:00 pagi. Bukannya merasa lelah, saya merasa bertenaga selama pengalaman itu. Benar-benar puas rasanya tatkala kami menyelesaikan tugas itu dan menepati tenggat waktunya. Setiap orang benar-benar terkesima atas betapa lancarnya saya melewati semua kendala tersebut. Saya menerima bonus yang menyenangkan atas usaha tersebut.

(C) Kami pernah mengerjakan sebuah proyek, dan tampaknya segalanya tidak beres. Pertama-tama, kami memiliki tenggat waktu yang ketat dan kekurangan anggota staf. Kami pernah menangani tekanan yang seperti ini sebelumnya, namun untuk kasus yang ini benar-benar penting karena salah satu dari klien utama kami. Kasus ini mencakup banyak alat bantu visual, seperti bagan, grafik, dan foto. Para pengacara benar-benar berada dalam tekanan yang sangat berat, dan suasananya terasa sangat tegang di kantor. Pada satu titik saya rasanya ingin duduk saja dan menangis, namun itu tidak saya lakukan. Saya teruskan saja bekerja dalam suasana perasaan yang tidak karuan dan tegang. Saya tahu bahwa jika kami tidak bersama-sama bekerja keras pada waktunya, maka klien kami akan sangat kecewa. Kami semua bekerja lembur pada akhir pekan, namun kami merampungkan pekerjaan itu tepat pada waktunya.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat
(B)
Ini adalah jawaban yang paling kuat karena ada sebuah contoh yang sangat baik dalam hal kepiawaian dalam memainkan peran dan menyelesaikan suatu pekerjaan. Contoh ini menunjukkan adanya keahlian hal berorganisasi, inisiatif, kepemimpinan, penilaian, kemampuan berkomunikasi, dan kesediaan untuk melakukan "apa pun yang diperlukan agar pekerjaan selesai." Cerita ini juga memberikan sebuah contoh dalam mengatasi kendala.

Jawaban Pertengahan
(A)
Jawaban ini secara mendasar memberikan informasi yang sama dengan jawaban (B), namun tanpa memberi suatu contoh. Anda mengatakan bahwa Anda "memiliki keahlian yang sangat baik dalam berorganisasi dan berkomunikasi." Buktikan. Beri sebuah contoh. Siapa saja bisa bilang bahwa dirinya bagus dalam suatu tugas, namun tatkala Anda memberi sebuah contoh yang spesifik kapan waktunya Anda mengerjakan tugas itu, sang pewawancara menjadi lebih tahu bagaimana dulu Anda bekerja.

Jawaban Terlemah
(C)
Jawaban ini tidak mengungkapkan satu pun keahlian yang Anda miliki. Terlalu banyak penekanan pada masalah tanpa ada penjelasan tentang peran yang Anda mainkan. Terlalu banyak kata "kami" dan tidak cukup kata "saya." Satu-satunya rujukan langsung tentang perilaku Anda adalah tatkala Anda mengatakan betapa stresnya Anda waktu itu: "Saya rasanya ingin duduk saja dan menangis." Hal positif adalah bahwa Anda mengatakan, "Namun hal itu tidak saya lakukan," yang menunjukkan bahwa Anda tidak lari meninggalkan arena dan bahwa Anda memiliki ketabahan.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 0 poin. _____

-----------------------------