Langsung ke konten utama

Pertanyaan 15 - Trik Interview Kerja

PERTANYAAN INTERVIEW KERJA

15. "Berikan gambaran tentang gaya kepemimpinan atau manajemen Anda."

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Saya adalah seorang yang "sangat terdorong dari bawah." Pelanggan adalah produk yang paling penting dan satu-satunya yang memungkinkan untuk membayar tagihan. Ada sejumlah permainan. Makin banyak pelanggan yang Anda miliki, makin banyak pula pendapatan yang dihasilkan. Saya percaya pada pelayanan pelanggan. Saya percaya pada pemberdayaan tim saya untuk melakukan apa pun yang diperlukan untuk memuaskan pelanggan. Saya percaya bahwa bila Anda memiliki basis pelanggan yang solid, Anda memiliki bisnis yang menguntungkan.

(B) Saya memimpin dengan memberikan teladan. Saya bekerja keras dan menepati tenggat waktu, dan saya mengharap para bawahan saya juga melakukan hal yang sama. Saya tidak keberatan membantu bila memang ada masalah, namun saya tidak percaya pada gaya membimbing seseorang dalam melakukan pekerjaannya. Saya memberikan penugasan dan berharap pekerjaan itu akan dirampungkan. Bila saya harus selalu mengawasi agar orang-orang menepati jadwal, saya bukanlah seorang manajer yang baik. Gaya yang saya sukai sebagai seorang atasan adalah pendekatan "bebas." Berikan saja penugasan pada saya dan biarkan saya mengerjakannya.

(C) Jika Anda menanyai anggota tim saya, mereka akan mengatakan bahwa saya adalah seorang manajer yang fair dan terbuka. Saya setiap hari selalu ada. Tujuan saya adalah mengenali kekuatan orang-orang. Baru-baru ini saya mempromosikan seorang anggota tim yang mulanya adalah seorang karyawan yang bermasalah namun melalui suatu pelatihan secara pribadi dari saya, disertai dengan kemauan dari pihaknya untuk menambah waktu, dia kini telah menjadi seorang bintang.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat
(C)
Ini adalah jawaban yang paling kuat karena ada contoh spesifik dan endorsemen tidak langsung dari tim Anda. Ini adalah teknik yang baik untuk digunakan manakala Anda sedang menjawab sebuah pertanyaan subyektif seperti yang satu ini. Ini juga menunjukkan adanya sebuah komitmen yang tulus pada para anggota tim dan membiarkan mereka tahu bahwa pekerjaan mereka dihitung dalam gambaran yang lebih besar dan memberikan contoh yang spesifik tentang bagaimana Anda melakukannya.

Jawaban Pertengahan
(A)
Jawaban ini tidak memperlihatkan adanya pemahaman dasar tentang kepemimpinan. Ia tentu saja bicara tentang kemana fokus manajemen: "menghasilkan uang melalui para pelanggan." Akan tetapi, ia tidak bicara tentang pelanggan internal: sang pekerja. Ia bicara tentang pemberdayaan orang, yang mana hal itu positif.

Jawaban Terlemah
(B)
Dengan menggantungkan pada bagaimana deskripsi jabatan yang ditulis dan apa yang sedang mereka cari, jawaban ini menunjukkan pendekatan manajemen yang sangat bebas. "Beri mereka kerja dan biarkan mereka berjuang" begitulah pesan yang disampaikan di sini. Hampir semua perusahaan lebih menyukai para manajer yang bekerja sama dengan dan membangun orang-orangnya.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 0 poin. _____

-----------------------------

kembali ke
50 ISI MATERI WAWANCARA
atau

cristal x
JANGAN DI-KLIK YA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan 4 - Teknik Wawancara

PERTANYAAN WAWANCARA KERJA

4. "Apa tujuan yang hendak Anda capai?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Tujuan saya adalah bekerja untuk perusahaan di mana saya dapat tumbuh dan akhirnya menjadi seorang manajer marketing. Saya ingin memimpin sebuah tim yang terdiri dari orang-orang terampil dan memiliki pengaruh besar terhadap perusahaan. Saya tertarik pada perusahaan yang berpikiran ke depan dan berorientasi pada pertumbuhan.

(B) Saya ingin bekerja di sebuah departemen yang mempercayai pelatihan lintas fungsi. Saya beranggapan bahwa itulah cara terbaik untuk belajar dan melihat gambaran yang lebih besar dalam sebuah perusahaan. Pada akhirnya, saya berharap kembali ke sekolah untuk mendapatkan gelar MBA. Saya pikir itu akan memperluas ilmu saya, sehingga suatu hari saya dapat memiliki perusahaan konsultan sendiri, yang bekerja secara nasional maupun internasional.

(C) Saya membagi tujuan ke dalam tujuan-tujuan jangka pendek dengan tujuan jangka panjang di kepala. Saat ini say…

Pertanyaan 3 - Trik Interview Kerja

PERTANYAAN INTERVIEW KERJA

3. "Mengapa Anda ingin bekerja di sini?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Saya melakukan riset dan memilih perusahaan-perusahaan yang paling membuat saya tertarik, dan perusahaan Anda berada di puncak daftar saya. Saya melakukan riset itu berdasarkan reputasi perusahaan, tingkat kehandalan produknya, dan stabilitas industri. Demikian juga bagaimana karyawan-karyawannya memandang pekerjaan di perusahaan itu. Saya melakukan pekerjaan yang terbaik ketika tujuan dan nilai-nilai saya selaras dengan tujuan dan nilai-nilai perusahaan. Saya tahu bahwa saya dapat menyesuaikan diri dengan kultur perusahaan dan memiliki banyak kontribusi.

(B) Saya melihat lowongan kerja itu di internet. Pekerjaan ini sangat tepat untuk keahlian dan kemampuan saya. Saya melihat ini sebagai kesempatan nyata untuk menemukan tantangan. Saya ingin bekerja untuk perusahaan di mana saya dapat tumbuh, berkembang, dan tertantang. Saya mencari perusahaan dengan catatan finansial ya…

Pertanyaan 5 - Trik Interview Kerja

PERTANYAAN INTERVIEW KERJA

5. "Apa keunggulan yang Anda miliki?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Keunggulan saya adalah keahlian mengelola sumber daya manusia. Saya suka bekerja dengan orang banyak dan membantu mereka menyelesaikan persoalan. Pelanggan sangat penting bagi saya, dan saya pun mengatakan hal itu kepada mereka. Saya menerima banyak umpan balik yang positif tentang keahlian saya dari para pelanggan.

(B) Keunggulan saya adalah kombinasi antara keahlian teknis dan kemampuan untuk bekerja dengan beragam pelanggan. Saya memandang diri saya sebagai ahli pengumpul data, tetapi apa yang membuat daya saing saya adalah kemampuan untuk bekerja secara langsung dengan para pelanggan dan mencari akar persoalan. Saya mampu mengolah permasalahan-permasalahan yang rumit ke dalam bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, sehingga pelanggan dapat memahami apa yang saya katakan. Selama 2 tahun terakhir ini saya telah menerima penghargaan di bidang pelayanan pelanggan.

(C) Saya …