Langsung ke konten utama

Pertanyaan 26 - Teknik Wawancara

PERTANYAAN WAWANCARA KERJA

26. "Ceritakan kepada saya proyek terbesar yang pernah Anda kerjakan mulai dari awal hingga akhir."

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Perusahaan tempat saya kerja dulu menerima sebuah order besar; sesungguhnya, itu adalah order terbesar pernah diterima oleh perusahaan itu. Order itu dari klien besar, dan penyelesaian dari order itu akan menjadi sebuah bonus besar bagi kami dan aliran pendapatan pada masa depan. Tantangan kami adalah pada isu penetapan harga. Untuk membuat desain apa yang kami mulai untuk didesain menjadi tidak masuk akal karena besarnya biaya untuk material dan tenaga kerjanya. Setelah banyak melakukan rapat kami pun mampu mengombinasikan beberapa ciri produk itu dan tetap memuaskan sang pelanggan. Saya tak pernah bekerja lebih keras pada sebuah proyek untuk memenuhi sebuah keinginan yang tidak masuk akal.

(B) Kami pernah mengerjakan sebuah proyek keselamatan yang hampir kami semua memiliki sedikit atau tidak punya pengalaman dalam hal itu sebelumnya. Kami benar-benar harus berkumpul dan berbagi informasi dan sumber daya untuk menggarap pekerjaan yang satu ini. Untunglah, kami semua dapat bekerja sama dengan baik dan saling mendukung. Kami mampu menggarap proyek ini dengan banyak mengerahkan upaya. Kami bekerja lembur dan tidak libur selama dua bulan. Kami bekerja erat dengan departemen-departemen lain di perusahaan itu guna memastikan bahwa kami memenuhi apa yang dibutuhkan oleh sang pelanggan. Kabar baiknya adalah bahwa saat itu kami mampu merampungkannya. Setiap orang benar-benar merasa senang dalam menggarap proyek ini.

(C) Saya diserahi tanggung jawab untuk membuat desain program keselamatan untuk sebuah order besar yang diterima oleh perusahaan terakhir saya. Hal pertama yang saya lakukan adalah menyeleksi tiga orang teknisi papan atas untuk bekerja bersama saya. Kami bekerja sebagai sebuah tim, di mana masing-masing dari kami mendapat tugas menggarap satu bagian dari proyek tersebut. Saya memimpin kelompok itu dengan mengoordinasikan jadwal-jadwalnya dan memastikan bahwa semua tenggat waktu ditepati. Saya senantiasa berkomunikasi dengan para anggota tim saya dan selalu ada untuk membantu mencarikan jalan keluar yang dibutuhkan. Karena adanya keterbukaan komunikasi di antara kami berempat, kami pun mampu merampungkan proyek tersebut sebelum tanggal pengirimannya.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat
(C)
Ini adalah jawaban yang paling kuat karena memberikan sebuah gambaran yang sangat jelas, dengan rincian situasinya. Walaupun ini adalah sebuah situasi di dalam tim, sang pewawancara dapat melihat peran "Anda" dalam memecahkan masalah. Dengan menggunakan kata ganti "saya" Anda memberikan sebuah gambaran yang lebih jelas tentang keahlian-keahlian yang Anda gunakan. Contoh ini membicarakan tentang beberapa keahlian yang dulu Anda gunakan: kepemimpinan, koordinasi, mengikuti hingga selesai (follow-through), mengikuti alur (tracking), komunikasi, memecahkan masalah, manajemen waktu, dan menangani masalah-masalah yang sulit.

Jawaban Pertengahan
(B)
Ada satu masalah yang khas dalam jawaban ini: Ada terlalu banyak kata "kami" (tepatnya ada tujuh kata) dan tidak cukup kata "saya" (tak ada satupun). Sang pewawancara tidak tahu apa peran Anda saat itu. Sementara penting untuk memberikan kredit poin bila memang layak, maka juga perlu memberikan gambaran apa yang telah Anda lakukan dalam menggarap proyek ini sebagai anggota tim atau pimpinan.

Jawaban Terlemah
(A)
Ini adalah jawaban yang paling lemah karena terlalu banyak menekankan pada perusahaan dan proyek itu dan tidak cukup penekanan pada peran "Anda." Apa persisnya peran Anda dalam upaya yang dilakukan oleh tim ini? Salah satu kesalahan terbesar yang dibuat oleh pelamar kerja adalah tidak mengatakan apa peran yang mereka mainkan pada saat itu. Diperlukan lebih banyak rincian tentang tindakan-tindakan yang telah Anda lakukan agar jawaban ini menjadi kuat.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 0 poin. _____

Penggunaan yang tepat kata-kata ganti "saya" dan "kami" dalam menceritakan pengalaman Anda adalah suatu hal yang kritis. Sementara adalah yang penting untuk tidak memberikan kredit pada sesuatu yang dilakukan oleh tim, maka sama pentingnya untuk memberikan kredit kepada diri Anda sendiri atas peran Anda dalam proyek itu. Manakala Anda menggunakan "kami" dan bukannya "saya," maka sang pewawancara pun mengalami kesulitan untuk menentukan peran yang Anda mainkan.

-----------------------------

kembali ke
50 ISI MATERI WAWANCARA
atau

cristal x
JANGAN DI-KLIK YA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan 4 - Teknik Wawancara

PERTANYAAN WAWANCARA KERJA

4. "Apa tujuan yang hendak Anda capai?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Tujuan saya adalah bekerja untuk perusahaan di mana saya dapat tumbuh dan akhirnya menjadi seorang manajer marketing. Saya ingin memimpin sebuah tim yang terdiri dari orang-orang terampil dan memiliki pengaruh besar terhadap perusahaan. Saya tertarik pada perusahaan yang berpikiran ke depan dan berorientasi pada pertumbuhan.

(B) Saya ingin bekerja di sebuah departemen yang mempercayai pelatihan lintas fungsi. Saya beranggapan bahwa itulah cara terbaik untuk belajar dan melihat gambaran yang lebih besar dalam sebuah perusahaan. Pada akhirnya, saya berharap kembali ke sekolah untuk mendapatkan gelar MBA. Saya pikir itu akan memperluas ilmu saya, sehingga suatu hari saya dapat memiliki perusahaan konsultan sendiri, yang bekerja secara nasional maupun internasional.

(C) Saya membagi tujuan ke dalam tujuan-tujuan jangka pendek dengan tujuan jangka panjang di kepala. Saat ini say…

Pertanyaan 3 - Trik Interview Kerja

PERTANYAAN INTERVIEW KERJA

3. "Mengapa Anda ingin bekerja di sini?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Saya melakukan riset dan memilih perusahaan-perusahaan yang paling membuat saya tertarik, dan perusahaan Anda berada di puncak daftar saya. Saya melakukan riset itu berdasarkan reputasi perusahaan, tingkat kehandalan produknya, dan stabilitas industri. Demikian juga bagaimana karyawan-karyawannya memandang pekerjaan di perusahaan itu. Saya melakukan pekerjaan yang terbaik ketika tujuan dan nilai-nilai saya selaras dengan tujuan dan nilai-nilai perusahaan. Saya tahu bahwa saya dapat menyesuaikan diri dengan kultur perusahaan dan memiliki banyak kontribusi.

(B) Saya melihat lowongan kerja itu di internet. Pekerjaan ini sangat tepat untuk keahlian dan kemampuan saya. Saya melihat ini sebagai kesempatan nyata untuk menemukan tantangan. Saya ingin bekerja untuk perusahaan di mana saya dapat tumbuh, berkembang, dan tertantang. Saya mencari perusahaan dengan catatan finansial ya…

Pertanyaan 5 - Trik Interview Kerja

PERTANYAAN INTERVIEW KERJA

5. "Apa keunggulan yang Anda miliki?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Keunggulan saya adalah keahlian mengelola sumber daya manusia. Saya suka bekerja dengan orang banyak dan membantu mereka menyelesaikan persoalan. Pelanggan sangat penting bagi saya, dan saya pun mengatakan hal itu kepada mereka. Saya menerima banyak umpan balik yang positif tentang keahlian saya dari para pelanggan.

(B) Keunggulan saya adalah kombinasi antara keahlian teknis dan kemampuan untuk bekerja dengan beragam pelanggan. Saya memandang diri saya sebagai ahli pengumpul data, tetapi apa yang membuat daya saing saya adalah kemampuan untuk bekerja secara langsung dengan para pelanggan dan mencari akar persoalan. Saya mampu mengolah permasalahan-permasalahan yang rumit ke dalam bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, sehingga pelanggan dapat memahami apa yang saya katakan. Selama 2 tahun terakhir ini saya telah menerima penghargaan di bidang pelayanan pelanggan.

(C) Saya …