Langsung ke konten utama

Pertanyaan 29 - Trik Interview Kerja

PERTANYAAN INTERVIEW KERJA

29. "Di dalam resume, Anda menyatakan bahwa Anda adalah seorang 'pekerja keras.' Dapatkah Anda memberikan sebuah contoh pengalaman kerja keras Anda kepada saya?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Saya selalu berusaha agar pekerjaan selesai tepat waktu. Kadang-kadang itu berarti bekerja lembur. Kadang-kadang saya tak dapat menyelesaikan semua pekerjaan saya pada hari itu dan saya bersedia bertahan di kantor hingga larut malam untuk merampungkannya. Pernah adakalanya di mana saya tak mampu merampungkan segalanya tak peduli betapapun kerasnya saya bekerja. Saya selalu melakukan yang terbaik untuk menepati tenggat waktu, namun kadang-kadang Anda terpaksa harus melepaskannya. Saya lebih suka melakukannya dengan benar dan terlambat daripada mengerjakannya dengan salah dan tepat waktu.

(B) Saya adalah seorang pekerja yang sangat keras. Saya selalu tepat waktu dan menyelesaikan pekerjaan saya. Makin ketat tenggat waktunya, maka makin keras saya bekerja. Saya membuat perencanaan hari saya sehingga saya tak pernah terlambat dalam mengerjakan pekerjaan saya, dan saya selalu menepati tenggat waktu. Jika Anda bertanya kepada atasan saya yang terakhir, dia akan mengatakan betapa saya adalah seorang pekerja keras. Saya melakukan apa pun yang harus saya lakukan agar pekerjaan itu selesai.

(C) Waktu itu atasan saya memiliki sebuah proyek yang sangat penting, dan tampaknya kami tak akan sanggup menepati tenggat waktu yang ditetapkan. Saya menawarkan diri untuk bekerja beberapa hari hingga larut malam dan mengorbankan liburan akhir pekan. Atasan saya dan dua orang teman sekerja lainnya bekerja tujuh hari penuh tanpa berhenti. Bagian yang garap dari proyek itu adalah mengoordinasikan semua informasi dan memasukkan datanya. Itu benar-benar kerja tim yang sesungguhnya, namun kami sanggup menepati tenggat waktu yang ditetapkan, dan hal itu membuat atasan saya tampak bagus. Dia memberi penghargaan kepada kami semua atas usaha kami itu.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat
(C)
Ini adalah jawaban yang paling kuat karena ada contoh spesifik tentang memberikan sesuatu yang "di atas dan melampaui" apa yang diharapkan. Beberapa keahlian yang tampak dalam jawaban ini adalah inisiatif, kerja tim, keahlian koordinasi, kebesaran jiwa, dan semangat kerjasama—dan kesediaan untuk membuat sang atasan tampak bagus.

Jawaban Pertengahan
(B)
Ini bukanlah jawaban yang kuat. Jawaban ini memberikan semua ciri yang baik—tepat waktu, kecermatan, sikap yang baik—namun tidak ada contoh dalam menggunakan ciri-ciri tadi dalam situasi yang sesungguhnya. Jawaban ini memang menarik keuntungan dari endorsemen atasan Anda. Membawa-bawa atasan ke dalam cerita ini adalah cara yang hebat untuk memperkuat cerita ini.

Jawaban Terlemah
(A)
Ini adalah jawaban yang paling lemah karena tidak menyertakan contoh dari kerja keras dan menekankan pada menepati tenggat waktu, yang mana hal itu bukanlah suatu keahlian yang cukup sama. Sang pewawancara bisa punya pikiran bahwa Anda sering tidak menepati tenggat waktu dan punya kesulitan untuk mengikuti aliran beban kerja. Jawaban ini perlu menekankan saat-saat di mana Anda bekerja hingga malam dan mengapa beban kerja itu terlalu besar untuk ditangani.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 0 poin. _____

-----------------------------

kembali ke
50 ISI MATERI WAWANCARA
atau

cristal x
JANGAN DI-KLIK YA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan 4 - Teknik Wawancara

PERTANYAAN WAWANCARA KERJA

4. "Apa tujuan yang hendak Anda capai?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Tujuan saya adalah bekerja untuk perusahaan di mana saya dapat tumbuh dan akhirnya menjadi seorang manajer marketing. Saya ingin memimpin sebuah tim yang terdiri dari orang-orang terampil dan memiliki pengaruh besar terhadap perusahaan. Saya tertarik pada perusahaan yang berpikiran ke depan dan berorientasi pada pertumbuhan.

(B) Saya ingin bekerja di sebuah departemen yang mempercayai pelatihan lintas fungsi. Saya beranggapan bahwa itulah cara terbaik untuk belajar dan melihat gambaran yang lebih besar dalam sebuah perusahaan. Pada akhirnya, saya berharap kembali ke sekolah untuk mendapatkan gelar MBA. Saya pikir itu akan memperluas ilmu saya, sehingga suatu hari saya dapat memiliki perusahaan konsultan sendiri, yang bekerja secara nasional maupun internasional.

(C) Saya membagi tujuan ke dalam tujuan-tujuan jangka pendek dengan tujuan jangka panjang di kepala. Saat ini say…

Pertanyaan 3 - Trik Interview Kerja

PERTANYAAN INTERVIEW KERJA

3. "Mengapa Anda ingin bekerja di sini?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Saya melakukan riset dan memilih perusahaan-perusahaan yang paling membuat saya tertarik, dan perusahaan Anda berada di puncak daftar saya. Saya melakukan riset itu berdasarkan reputasi perusahaan, tingkat kehandalan produknya, dan stabilitas industri. Demikian juga bagaimana karyawan-karyawannya memandang pekerjaan di perusahaan itu. Saya melakukan pekerjaan yang terbaik ketika tujuan dan nilai-nilai saya selaras dengan tujuan dan nilai-nilai perusahaan. Saya tahu bahwa saya dapat menyesuaikan diri dengan kultur perusahaan dan memiliki banyak kontribusi.

(B) Saya melihat lowongan kerja itu di internet. Pekerjaan ini sangat tepat untuk keahlian dan kemampuan saya. Saya melihat ini sebagai kesempatan nyata untuk menemukan tantangan. Saya ingin bekerja untuk perusahaan di mana saya dapat tumbuh, berkembang, dan tertantang. Saya mencari perusahaan dengan catatan finansial ya…

Pertanyaan 5 - Trik Interview Kerja

PERTANYAAN INTERVIEW KERJA

5. "Apa keunggulan yang Anda miliki?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Keunggulan saya adalah keahlian mengelola sumber daya manusia. Saya suka bekerja dengan orang banyak dan membantu mereka menyelesaikan persoalan. Pelanggan sangat penting bagi saya, dan saya pun mengatakan hal itu kepada mereka. Saya menerima banyak umpan balik yang positif tentang keahlian saya dari para pelanggan.

(B) Keunggulan saya adalah kombinasi antara keahlian teknis dan kemampuan untuk bekerja dengan beragam pelanggan. Saya memandang diri saya sebagai ahli pengumpul data, tetapi apa yang membuat daya saing saya adalah kemampuan untuk bekerja secara langsung dengan para pelanggan dan mencari akar persoalan. Saya mampu mengolah permasalahan-permasalahan yang rumit ke dalam bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, sehingga pelanggan dapat memahami apa yang saya katakan. Selama 2 tahun terakhir ini saya telah menerima penghargaan di bidang pelayanan pelanggan.

(C) Saya …