Langsung ke konten utama

Pertanyaan 34 - Teknik Wawancara

PERTANYAAN WAWANCARA KERJA

34. "Pernahkah Anda berhasil menjual sebuah ide baru kepada atasan Anda? Bagaimana cara Anda melakukannya?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Atasan saya yang sekarang bukanlah seorang yang mudah menerima ide-ide baru. Saya pernah bisa menjual salah satu ide saya kepadanya tatkala saya memperlihatkan kepadanya sebuah rencana pemasaran yang saya buat untuk mengubah beberapa saluran yang dulu kami gunakan untuk distribusi. Di balik layar saya mengumpulkan banyak data dan analisis yang termasuk rincian, fakta-fakta, dan angka-angka. Usaha ekstra tersebut benar-benar terbayar lunas tatkala saya mempresentasikan ide tersebut kepadanya. Dia adalah orang yang perlu fakta dalam mengambil keputusan. Dia makin percaya kepada saya setelah itu.

(B) Atasan saya akan mengatakan kepada Anda bahwa saya selalu menjual ide-ide kepadanya. Paling sedikit saya punya satu ide dalam sepekan. Sebagian berhasil, sebagian tidak. Tingkat kesuksesan saya sekitar 75 persen positif. Salah satu yang membuat saya frustrasi adalah sewaktu melalui tahap persetujuan. Tatkala Anda bekerja di perusahaan besar, kadangkala butuh waktu sampai beberapa pekan agar ide Anda digodog. Saya adalah orang yang berorientasi pada tindakan yang ingin mewujudkan sesuatu terjadi. Kadang-kadang butuh waktu sangat lama untuk menyalurkan sebuah ide yang kurang efektif dibandingkan bila saya mampu memulainya sewaktu saya pertama kali mendapatkan ide itu.

(C) Ketika itu saya menentukan adanya kebutuhan untuk memasarkan sebuah produk dengan menggunakan sebuah strategi yang berbeda. Saya menemui atasan saya untuk meyakinkannya pada ide-ide saya dan dia pun dengan enggan mempersilakan saya maju terus. Kemudian saya menemui departemen-departemen editorial, kreatif, dan media. Kami bekerja bersama untuk merencanakan membuat ekspos ke media, termasuk melalui TV, radio, cetakan, koran, dan acara interaktif. Kami juga menyusun kampunye surat langsung. Saya menghitung-hitung biaya dan tingkat kembali modalnya dan mempresentasikannya kepada atasan saya untuk mendapatkan persetujuan. Saya benar-benar membuatnya terheran-heran melihat angka-angka itu dan perkiraan tingkat kembali modal 30 persen yang saya hitung. Dia memberi acungan jempol untuk meneruskan proyek itu.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat
(C)
Ini adalah jawaban yang paling kuat karena adanya contoh yang kuat tentang tindakan yang Anda lakukan. Langkah-langkahnya tertata: situasi saat itu, tindakan yang Anda ambil, dan hasil yang muncul. Memperlihatkan hasil yang positif adalah kunci sebuah kisah sukses yang baik. Akan tetapi, ada kalanya juga hasilnya tidak positif bagi perusahaan itu karena alasan-alasan yang di luar kendali Anda. Bila demikian halnya, tetap arahkan fokus pada peran yang Anda mainkan dalam proyek itu dan cara Anda menyelesaikan tugas itu. Jangan larut dalam masalah perusahaan tersebut. Ini adalah tentang diri Anda dan keahlian-keahlian yang harus Anda tawarkan. Bicarakanlah tentang tanggung jawab yang Anda pegang dan bagaimana Anda menyelesaikan bagian Anda dengan sukses walaupun hasil akhirnya tidak positif. Bisa saja contohnya adalah proyek yang tertunda kelanjutannya setelah Anda melakukan segala daya upaya untuk menyelesaikannya.

Jawaban Pertengahan
(A) Jawaban ini tidak buruk, namun dapat diperkuat dengan menambah rincian. Dengan memberi gambaran proses analitis dan berbagai macam fakta dan angka-angka yang Anda temukan dan presentasikan akan menjadi lebih efektif. Sisi bagusnya dari cerita ini adalah kemampuan Anda dalam memahami bahwa atasan Anda punya gaya, yang membutuhkan fakta-fakta, dan kemampuan Anda dalam menyesuaikan pendekatan Anda untuk memenuhi kebutuhannya.

Jawaban Terlemah
(B) Jawaban ini terlalu umum; tidak ada fakta yang tersedia. Di sini juga menampilkan adanya keluhan dalam menangani proses yang sedang berlangsung, yang mungkin juga akan terjadi pada pekerjaan yang baru. Pertama-tama yang terbaik adalah mengajukan pertanyaan tentang proses itu dan kemudian membuat penilaian apakah kultur ini akan ada perbedaannya dengan yang baru saja Anda tinggalkan.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 0 poin. _____

-----------------------------

kembali ke
50 ISI MATERI WAWANCARA
atau

cristal x
JANGAN DI-KLIK YA


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan 4 - Teknik Wawancara

PERTANYAAN WAWANCARA KERJA

4. "Apa tujuan yang hendak Anda capai?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Tujuan saya adalah bekerja untuk perusahaan di mana saya dapat tumbuh dan akhirnya menjadi seorang manajer marketing. Saya ingin memimpin sebuah tim yang terdiri dari orang-orang terampil dan memiliki pengaruh besar terhadap perusahaan. Saya tertarik pada perusahaan yang berpikiran ke depan dan berorientasi pada pertumbuhan.

(B) Saya ingin bekerja di sebuah departemen yang mempercayai pelatihan lintas fungsi. Saya beranggapan bahwa itulah cara terbaik untuk belajar dan melihat gambaran yang lebih besar dalam sebuah perusahaan. Pada akhirnya, saya berharap kembali ke sekolah untuk mendapatkan gelar MBA. Saya pikir itu akan memperluas ilmu saya, sehingga suatu hari saya dapat memiliki perusahaan konsultan sendiri, yang bekerja secara nasional maupun internasional.

(C) Saya membagi tujuan ke dalam tujuan-tujuan jangka pendek dengan tujuan jangka panjang di kepala. Saat ini say…

Pertanyaan 3 - Trik Interview Kerja

PERTANYAAN INTERVIEW KERJA

3. "Mengapa Anda ingin bekerja di sini?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Saya melakukan riset dan memilih perusahaan-perusahaan yang paling membuat saya tertarik, dan perusahaan Anda berada di puncak daftar saya. Saya melakukan riset itu berdasarkan reputasi perusahaan, tingkat kehandalan produknya, dan stabilitas industri. Demikian juga bagaimana karyawan-karyawannya memandang pekerjaan di perusahaan itu. Saya melakukan pekerjaan yang terbaik ketika tujuan dan nilai-nilai saya selaras dengan tujuan dan nilai-nilai perusahaan. Saya tahu bahwa saya dapat menyesuaikan diri dengan kultur perusahaan dan memiliki banyak kontribusi.

(B) Saya melihat lowongan kerja itu di internet. Pekerjaan ini sangat tepat untuk keahlian dan kemampuan saya. Saya melihat ini sebagai kesempatan nyata untuk menemukan tantangan. Saya ingin bekerja untuk perusahaan di mana saya dapat tumbuh, berkembang, dan tertantang. Saya mencari perusahaan dengan catatan finansial ya…

Pertanyaan 5 - Trik Interview Kerja

PERTANYAAN INTERVIEW KERJA

5. "Apa keunggulan yang Anda miliki?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Keunggulan saya adalah keahlian mengelola sumber daya manusia. Saya suka bekerja dengan orang banyak dan membantu mereka menyelesaikan persoalan. Pelanggan sangat penting bagi saya, dan saya pun mengatakan hal itu kepada mereka. Saya menerima banyak umpan balik yang positif tentang keahlian saya dari para pelanggan.

(B) Keunggulan saya adalah kombinasi antara keahlian teknis dan kemampuan untuk bekerja dengan beragam pelanggan. Saya memandang diri saya sebagai ahli pengumpul data, tetapi apa yang membuat daya saing saya adalah kemampuan untuk bekerja secara langsung dengan para pelanggan dan mencari akar persoalan. Saya mampu mengolah permasalahan-permasalahan yang rumit ke dalam bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, sehingga pelanggan dapat memahami apa yang saya katakan. Selama 2 tahun terakhir ini saya telah menerima penghargaan di bidang pelayanan pelanggan.

(C) Saya …