Langsung ke konten utama

Pertanyaan 38 - Teknik Wawancara

PERTANYAAN WAWANCARA KERJA

38. "Apakah pelatihan atau kursus paling sulit yang pernah Anda ikuti?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Saya tidak tahu kalau Anda ingin mempertimbangkan kelas-kelas yang pernah saya ambil sewaktu saya sedang menyelesaikan kuliah S-1 saya, namun saya pernah mengambil beberapa kelas yang sangat berat. Saya sedang membawa beban kredit yang sangat banyak dan bekerja 30 jam sepekan. Saya mengikuti kelas geologi yang merupakan kelas tersulit yang pernah saya ambil. Cara saya agar dapat lolos adalah dengan membuat perencanaan proyek dan masa studi, dan saya akan tetap terpaku pada rencana yang sudah saya buat itu tak peduli apa pun. Karena itu adalah kelas yang paling sulit, saya memastikan bahwa itu adalah fokus utama saya pada semester tersebut. Fokus adalah kunci untuk dapat lolos dari kelas tersebut.

(B) Saya tak dapat memikirkan satu kursus yang lebih sulit daripada kursus-kursus lainnya. Saya telah mengikuti banyak kursus pelatihan semenjak lulus dari bangku kuliah. Karena saya mudah dan cepat dalam menangkap sesuatu, saya terus saja menambah pengetahuan. Kelas dan kursus yang paling saya nikmati selama ini adalah tentang keuangan dan investasi. Saya memiliki otak yang encer dalam hal angka-angka dan teori, dan hal itu telah membantu saya pada posisi-posisi saya yang terdahulu. Saya bermaksud untuk tetap mengikuti kursus-kursus sebagai suatu cara untuk mengembangkan teknik-teknik baru.

(C) Saya telah mengikuti banyak kursus pelatihan dalam karir saya. Sebagian daripadanya ada hubungannya dengan bisnis, sebagian dengan perkembangan kepribadian, dan sebagian dengan teknologi. Saya menikmati cakupan topik pembahasan yang luas. Saya adalah seorang yang punya keyakinan kuat akan pelatihan yang berkesinambungan. Saya kira program yang paling sulit selama ini adalah di area teknologi, yang mana hal itu mungkin adalah wilayah saya yang paling lemah.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat
(A)
Ini adalah jawaban yang paling kuat karena inilah yang paling spesifik. Walaupun ini bukan tentang bisnis, di sini diberikan sebuah contoh yang bagus tentang bagaimana Anda memfokuskan usaha-usaha Anda untuk melewati sebuah situasi yang berat. Memang diinginkan untuk memberikan jawaban bisnis sebagai pilihan pertama Anda, namun jika Anda tidak dapat memikirkan sebuah situasi untuk menjawab pertanyaan itu, berikanlah sebuah jawaban yang memiliki hubungan yang sedekat mungkin dengan pertanyaan itu. Hal ini terutama berlaku pada para lulusan baru atau orang-orang yang mengulang. Jawaban ini mengindikasikan kemampuan Anda dalam hal mengelola dan membuat perencanaan serta menggambarkan kekukuhan Anda.

Jawaban Pertengahan
(C) Jawaban ini tidak salah; hanya saja bukan jawaban yang kuat. Pada sisi positifnya jawaban ini memasukkan berbagai macam pelatihan yang pernah Anda ikuti. Dalam menjawab pertanyaan seperti ini akan terdengar lebih baik bila Anda fokus pada sebuah kursus spesifik yang paling menantang Anda. Anda mengatakan bahwa kelas teknologi adalah yang paling sulit namun Anda tidak memberikan spesifikasi apa pun yang akan memperdalam jawaban Anda.

Jawaban Terlemah
(B) Ini adalah jawaban yang paling lemah karena tidak menjawab pertanyaannya. Ini sangat umum. Ada nilai lebihnya karena membicarakan tentang kemampuan Anda untuk belajar dengan cepat dan menangkap informasi dengan mudah. Jawaban ini juga menunjukkan etika pertumbuhan berkesinambungan dengan cara belajar, yang mana ini adalah suatu hal yang positif.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 0 poin. _____

-----------------------------

kembali ke
50 ISI MATERI WAWANCARA
atau

cristal x
JANGAN DI-KLIK YA


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan 4 - Teknik Wawancara

PERTANYAAN WAWANCARA KERJA

4. "Apa tujuan yang hendak Anda capai?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Tujuan saya adalah bekerja untuk perusahaan di mana saya dapat tumbuh dan akhirnya menjadi seorang manajer marketing. Saya ingin memimpin sebuah tim yang terdiri dari orang-orang terampil dan memiliki pengaruh besar terhadap perusahaan. Saya tertarik pada perusahaan yang berpikiran ke depan dan berorientasi pada pertumbuhan.

(B) Saya ingin bekerja di sebuah departemen yang mempercayai pelatihan lintas fungsi. Saya beranggapan bahwa itulah cara terbaik untuk belajar dan melihat gambaran yang lebih besar dalam sebuah perusahaan. Pada akhirnya, saya berharap kembali ke sekolah untuk mendapatkan gelar MBA. Saya pikir itu akan memperluas ilmu saya, sehingga suatu hari saya dapat memiliki perusahaan konsultan sendiri, yang bekerja secara nasional maupun internasional.

(C) Saya membagi tujuan ke dalam tujuan-tujuan jangka pendek dengan tujuan jangka panjang di kepala. Saat ini say…

Pertanyaan 3 - Trik Interview Kerja

PERTANYAAN INTERVIEW KERJA

3. "Mengapa Anda ingin bekerja di sini?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Saya melakukan riset dan memilih perusahaan-perusahaan yang paling membuat saya tertarik, dan perusahaan Anda berada di puncak daftar saya. Saya melakukan riset itu berdasarkan reputasi perusahaan, tingkat kehandalan produknya, dan stabilitas industri. Demikian juga bagaimana karyawan-karyawannya memandang pekerjaan di perusahaan itu. Saya melakukan pekerjaan yang terbaik ketika tujuan dan nilai-nilai saya selaras dengan tujuan dan nilai-nilai perusahaan. Saya tahu bahwa saya dapat menyesuaikan diri dengan kultur perusahaan dan memiliki banyak kontribusi.

(B) Saya melihat lowongan kerja itu di internet. Pekerjaan ini sangat tepat untuk keahlian dan kemampuan saya. Saya melihat ini sebagai kesempatan nyata untuk menemukan tantangan. Saya ingin bekerja untuk perusahaan di mana saya dapat tumbuh, berkembang, dan tertantang. Saya mencari perusahaan dengan catatan finansial ya…

Pertanyaan 5 - Trik Interview Kerja

PERTANYAAN INTERVIEW KERJA

5. "Apa keunggulan yang Anda miliki?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Keunggulan saya adalah keahlian mengelola sumber daya manusia. Saya suka bekerja dengan orang banyak dan membantu mereka menyelesaikan persoalan. Pelanggan sangat penting bagi saya, dan saya pun mengatakan hal itu kepada mereka. Saya menerima banyak umpan balik yang positif tentang keahlian saya dari para pelanggan.

(B) Keunggulan saya adalah kombinasi antara keahlian teknis dan kemampuan untuk bekerja dengan beragam pelanggan. Saya memandang diri saya sebagai ahli pengumpul data, tetapi apa yang membuat daya saing saya adalah kemampuan untuk bekerja secara langsung dengan para pelanggan dan mencari akar persoalan. Saya mampu mengolah permasalahan-permasalahan yang rumit ke dalam bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, sehingga pelanggan dapat memahami apa yang saya katakan. Selama 2 tahun terakhir ini saya telah menerima penghargaan di bidang pelayanan pelanggan.

(C) Saya …