Langsung ke konten utama

Pertanyaan 44 - Teknik Wawancara

PERTANYAAN WAWANCARA KERJA

44. "Anda mengatakan bahwa Anda memiliki keahlian yang baik dalam melayani pelanggan. Coba ceritakan sebuah pengalaman ketika Anda menggunakan keahlian melayani pelanggan yang baik itu dalam pekerjaan Anda."

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Melayani pelanggan dengan baik itulah nama permainannya, dan saya percaya bahwa para pelanggan internal dan pelanggan eksternal sama-sama pentingnya. Aturan pertama dalam melayani pelanggan dengan baik adalah Anda harus mengurusi pelanggan Anda atau dia akan pergi ke tempat lain. Setiap saat saya selalu berusaha menservis pelanggan saya, dalam batas-batas yang masuk akal. Kami harus mengikuti aturan perusahaan kami, walaupun aturan-aturan itu tidak masuk akal, kami berusaha sebaik-baiknya untuk menjunjung kebijakan perusahaan kami. Saya berusaha menjadi penghubung antara perusahaan dengan para tenaga penjualan, melancarakan masalah-masalah.

(B) Waktu itu saya memecahkan masalah seorang pelanggan yang melibatkan salah seorang tenaga pemasaran kami dan perusahaan lain. Saya bertindak sebagai penghubung antara tenaga pemasaran kami dan kantor perusahaan tersebut. Tenaga pemasaran tersebut merasa kesal karena kami tidak menepati garansi yang kami berikan atas sebuah produk yang dijualnya kepada perusahaan tersebut. Pertama kali yang saya lakukan adalah memeriksa catatan dan dokumen yang berkaitan dengan hal tersebut, dan setelah itu saya membuat sebuah rekomendasi kepada kantor perusahaan kami. Saya membeberkan fakta-fakta, dan kami pun melakukan sedikit negosiasi. Akhirnya segalanya bisa diselesaikan dengan baik bagi pihak tenaga pemasaran dan pelanggan. Sang tenaga pemasaran sangat berterima kasih kepada saya. Dia mengatakan bahwa saya telah menyelamatkan reputasinya.

(C) Selama 10 tahun bekerja bersama para pelanggan saya telah mendapatkan sekian banyak pujian atas keahlian pelayanan saya dari para pelanggan dan tenaga pemasaran saya. Saya sering terjun langsung melayani pelanggan, dan kadang-kadang saya bekerja sebagai penghubung antara tenaga pemasaran kami dan perusahaan. Karena saya adalah orang yang sangat terorganisir dan memperhatikan hal-hal yang rinci, saya mampu menyusun fakta-fakta dan mempresentasikan kasus itu dengan cara yang lebih terorganisir. Proses ini bukan hanya memungkinkan saya untuk melakukan apa yang dapat saya lakukan untuk membantu, ia juga membuat para tenaga pemasaran saya merasakan bahwa ada seseorang di sisi mereka.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat
(B)
Ini adalah jawaban yang paling kuat karena memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut dengan sebuah contoh yang bagus tentang pekerjaan Anda sebagai seorang penghubung antara tenaga pemasaran (pelanggan Anda) dan perusahaan dan cara Anda dalam menggunakan sejumlah keahlian pelayanan pelanggan. Beberapa keahlian yang didemonstrasikan adalah riset, berorganisasi, dan bernegosiasi. Juga ada sebuah contoh yang bagus dalam hal mengambil inisiatif dan merekomendasikan sebuah solusi daripada meminta nasihat dan meletakkan masalah tersebut ke pundak perusahaan.

Jawaban Pertengahan
(C) Jawaban ini tidak buruk; hanya saja tidak cukup spesifik. Jawaban ini bicara tentang keahlian namun tidak memberikan sebuah contoh. Sang pewawancara meminta bukti atau pendukung dari klaim bahwa Anda memiliki keahlian dalam melayani pelanggan. Kapan pun Anda menyebutkan sebuah keahlian dalam resume Anda atau sewaktu sedang melakukan tes wawancara, sang pewawancara mungkin saja meminta Anda untuk membuktikannya dengan sebuah contoh.

Jawaban Terlemah
(A) Ini adalah jawaban yang paling lemah karena isinya adalah khotbah kepada sang pewawancara. Sang pewawancara sudah tahu bahwa melayani pelanggan adalah suatu hal yang penting dan bahwa bila orang tidak baik dalam melayani pelanggan, pihak perusahaan akan merugi. Sisi negatif lainnya dari jawaban ini adalah keluhan terhadap kebijakan perusahaan dan keperluan untuk mengikutinya walaupun hal itu tidak masuk akal. Ini bukanlah suatu hal yang bagus untuk dikemukakan dalam sebuah tes wawancara karena dapat menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang pasif dan melakukan pekerjaan itu namun benar-benar tidak percaya pada nilai-nilai, ide-ide, dan prinsip-prinsip yang didukung oleh perusahaan. Ada banyak perusahaan untuk dipilih; yang terbaik adalah menentukan perusahaan mana yang filosofi bisnisnya paling sejalan dengan diri Anda. Sebuah contoh dari ketidakcocokan adalah seseorang yang peduli pada lingkungan hidup akan bekerja pada sebuah perusahaan pestisida.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 0 poin. _____

-----------------------------

kembali ke
50 ISI MATERI WAWANCARA
atau

cristal x
JANGAN DI-KLIK YA


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan 4 - Teknik Wawancara

PERTANYAAN WAWANCARA KERJA

4. "Apa tujuan yang hendak Anda capai?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Tujuan saya adalah bekerja untuk perusahaan di mana saya dapat tumbuh dan akhirnya menjadi seorang manajer marketing. Saya ingin memimpin sebuah tim yang terdiri dari orang-orang terampil dan memiliki pengaruh besar terhadap perusahaan. Saya tertarik pada perusahaan yang berpikiran ke depan dan berorientasi pada pertumbuhan.

(B) Saya ingin bekerja di sebuah departemen yang mempercayai pelatihan lintas fungsi. Saya beranggapan bahwa itulah cara terbaik untuk belajar dan melihat gambaran yang lebih besar dalam sebuah perusahaan. Pada akhirnya, saya berharap kembali ke sekolah untuk mendapatkan gelar MBA. Saya pikir itu akan memperluas ilmu saya, sehingga suatu hari saya dapat memiliki perusahaan konsultan sendiri, yang bekerja secara nasional maupun internasional.

(C) Saya membagi tujuan ke dalam tujuan-tujuan jangka pendek dengan tujuan jangka panjang di kepala. Saat ini say…

Pertanyaan 3 - Trik Interview Kerja

PERTANYAAN INTERVIEW KERJA

3. "Mengapa Anda ingin bekerja di sini?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Saya melakukan riset dan memilih perusahaan-perusahaan yang paling membuat saya tertarik, dan perusahaan Anda berada di puncak daftar saya. Saya melakukan riset itu berdasarkan reputasi perusahaan, tingkat kehandalan produknya, dan stabilitas industri. Demikian juga bagaimana karyawan-karyawannya memandang pekerjaan di perusahaan itu. Saya melakukan pekerjaan yang terbaik ketika tujuan dan nilai-nilai saya selaras dengan tujuan dan nilai-nilai perusahaan. Saya tahu bahwa saya dapat menyesuaikan diri dengan kultur perusahaan dan memiliki banyak kontribusi.

(B) Saya melihat lowongan kerja itu di internet. Pekerjaan ini sangat tepat untuk keahlian dan kemampuan saya. Saya melihat ini sebagai kesempatan nyata untuk menemukan tantangan. Saya ingin bekerja untuk perusahaan di mana saya dapat tumbuh, berkembang, dan tertantang. Saya mencari perusahaan dengan catatan finansial ya…

Pertanyaan 5 - Trik Interview Kerja

PERTANYAAN INTERVIEW KERJA

5. "Apa keunggulan yang Anda miliki?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Keunggulan saya adalah keahlian mengelola sumber daya manusia. Saya suka bekerja dengan orang banyak dan membantu mereka menyelesaikan persoalan. Pelanggan sangat penting bagi saya, dan saya pun mengatakan hal itu kepada mereka. Saya menerima banyak umpan balik yang positif tentang keahlian saya dari para pelanggan.

(B) Keunggulan saya adalah kombinasi antara keahlian teknis dan kemampuan untuk bekerja dengan beragam pelanggan. Saya memandang diri saya sebagai ahli pengumpul data, tetapi apa yang membuat daya saing saya adalah kemampuan untuk bekerja secara langsung dengan para pelanggan dan mencari akar persoalan. Saya mampu mengolah permasalahan-permasalahan yang rumit ke dalam bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, sehingga pelanggan dapat memahami apa yang saya katakan. Selama 2 tahun terakhir ini saya telah menerima penghargaan di bidang pelayanan pelanggan.

(C) Saya …