Langsung ke konten utama

Pertanyaan 47 - Trik Interview Kerja

PERTANYAAN INTERVIEW KERJA

47. "Coba berikan contoh kepada saya tentang bagaimana mengurusi bisnis sehari-hari namun juga berpikir jangka panjang."

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Saya adalah seorang manajer proyek yang terus mengawasi apa yang terjadi di pasaran. Kadangkala saya harus merespons dengan cepat untuk mendapatkan pangsa pasar, khususnya di tengah-tengah ketatnya perekonomian. Biasanya saya menghabiskan banyak waktu untuk mengerjakan anggaran, berupaya untuk memaksimalkan leverage. Saya selama ini terkenal sering mengambil risiko seperti membeli periklanan yang mahal agar produk kami diketahui khalayak. Saya bersedia melakukan apa saja yang dibutuhkan untuk bersaing di pasaran dan merasa bahwa pada jangka panjang ini akan impas. Saya telah berpengalaman memimpin beberapa kampanye yang sukses bahkan tatkala kondisi pasar sedang tidak menguntungkan bagi kami.

(B) Memelihara pelanggan adalah sebuah tantangan yang besar di perusahaan terakhir saya. Saya bekerja bersama para staf dan anggota dari departemen-departemen lainnya yang relevan untuk membuat strategi cara-cara mempertahankan dan membangun. Tim-tim telah dikirim untuk mewawancarai para pelanggan, dan data yang terkumpul diberikan kepada departemen pemasaran untuk dianalisis. Kami memperoleh umpan balik dari para pelanggan kami yang menyatakan bahwa mereka ingin ditanya terlebih dahulu atau ingin informasi bila diminta saja. Mereka tidak menyukai kampanye telemarketing kami yang sedang berjalan saat ini dan merasa terganggu karena mereka menerima informasi yang tidak mereka inginkan atau butuhkan. Dengan bekerja sama dan melibatkan departemen-departemen lainnya, saya mampu melihat masalah sehari-hari dengan sebuah dampak pada gambaran yang lebih besar.

(C) Saya telah memiliki banyak pengalaman dalam perencanaan jangka panjang, terutama dalam hal product branding. Kami menyewa beberapa orang atlet bintang untuk "menjadi merek" produk kami. Kami menjual merek itu, dan apa saja yang kami lakukan mendorong nama itu. Kami membeli mailing list dan mengirim ribuan iklan melalui surat dan e-mail. Kami mengeluarkan anggaran yang lumayan untuk mendorong merek itu. Setiap aktivitas yang kami lakukan selama kampanye tersebut berkisar di seputar merek itu. Kami berusaha untuk memantapkan kehadiran kami, dan berhasil. Kami fokus pada aktivitas sekarang dan sehari-hari pada proyek ini, dan hal itu sudah terbayar lunas.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat
(B)
Ini adalah jawaban yang paling kuat. Padat berisi dan langsung ke intinya. Ia bicara pada masalah yang spesifik dan menyebutkan solusinya. Contoh ini menunjukkan kemampuan Anda dalam melihat isu sehari-hari sambil mengawasi masa depan dan melakukan hal itu sambil bekerja bersama tim-tim dan departemen-departemen lintas fungsi untuk mendapatkan dampak yang maksimal.

Jawaban Pertengahan
(A)
Jawaban ini tidak kuat karena tidak fokus pada atau menjawab pertanyaannya secara langsung. Jawaban ini dapat diperkuat dengan menambahkan sebuah contoh dari salah satu dari "kampanye-kampanye yang sukses" yang Anda bicarakan tadi.

Jawaban Terlemah
(C)
Ini adalah jawaban yang paling lemah karena terlalu banyak menggunakan kata ganti "kami." Jika Anda hitung-hitung, Anda dapat menemukan sembilan kata "kami," yang mana hal ini terlalu banyak untuk dicantumkan bila Anda ingin menunjukkan apa peran Anda dalam proses tersebut. Walaupun Anda bekerja dalam tim dan departemen lainnya, adalah suatu hal yang penting untuk membuat sang pewawancara mendengar apa yang Anda lakukan dalam kegiatan-kegiatan itu.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 0 poin. _____

-----------------------------

kembali ke
50 ISI MATERI WAWANCARA
atau

cristal x
JANGAN DI-KLIK YA


Komentar

Posting Komentar

Silakan mengisi komentar atas posting yang telah Anda baca. Harap tidak melakukan SPAM atau menggunakan kata-kata kotor, jorok, menyinggung SARA, dsb. Terima kasih :)

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan 4 - Teknik Wawancara

PERTANYAAN WAWANCARA KERJA

4. "Apa tujuan yang hendak Anda capai?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Tujuan saya adalah bekerja untuk perusahaan di mana saya dapat tumbuh dan akhirnya menjadi seorang manajer marketing. Saya ingin memimpin sebuah tim yang terdiri dari orang-orang terampil dan memiliki pengaruh besar terhadap perusahaan. Saya tertarik pada perusahaan yang berpikiran ke depan dan berorientasi pada pertumbuhan.

(B) Saya ingin bekerja di sebuah departemen yang mempercayai pelatihan lintas fungsi. Saya beranggapan bahwa itulah cara terbaik untuk belajar dan melihat gambaran yang lebih besar dalam sebuah perusahaan. Pada akhirnya, saya berharap kembali ke sekolah untuk mendapatkan gelar MBA. Saya pikir itu akan memperluas ilmu saya, sehingga suatu hari saya dapat memiliki perusahaan konsultan sendiri, yang bekerja secara nasional maupun internasional.

(C) Saya membagi tujuan ke dalam tujuan-tujuan jangka pendek dengan tujuan jangka panjang di kepala. Saat ini say…

Pertanyaan 3 - Trik Interview Kerja

PERTANYAAN INTERVIEW KERJA

3. "Mengapa Anda ingin bekerja di sini?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Saya melakukan riset dan memilih perusahaan-perusahaan yang paling membuat saya tertarik, dan perusahaan Anda berada di puncak daftar saya. Saya melakukan riset itu berdasarkan reputasi perusahaan, tingkat kehandalan produknya, dan stabilitas industri. Demikian juga bagaimana karyawan-karyawannya memandang pekerjaan di perusahaan itu. Saya melakukan pekerjaan yang terbaik ketika tujuan dan nilai-nilai saya selaras dengan tujuan dan nilai-nilai perusahaan. Saya tahu bahwa saya dapat menyesuaikan diri dengan kultur perusahaan dan memiliki banyak kontribusi.

(B) Saya melihat lowongan kerja itu di internet. Pekerjaan ini sangat tepat untuk keahlian dan kemampuan saya. Saya melihat ini sebagai kesempatan nyata untuk menemukan tantangan. Saya ingin bekerja untuk perusahaan di mana saya dapat tumbuh, berkembang, dan tertantang. Saya mencari perusahaan dengan catatan finansial ya…

Pertanyaan 5 - Trik Interview Kerja

PERTANYAAN INTERVIEW KERJA

5. "Apa keunggulan yang Anda miliki?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Keunggulan saya adalah keahlian mengelola sumber daya manusia. Saya suka bekerja dengan orang banyak dan membantu mereka menyelesaikan persoalan. Pelanggan sangat penting bagi saya, dan saya pun mengatakan hal itu kepada mereka. Saya menerima banyak umpan balik yang positif tentang keahlian saya dari para pelanggan.

(B) Keunggulan saya adalah kombinasi antara keahlian teknis dan kemampuan untuk bekerja dengan beragam pelanggan. Saya memandang diri saya sebagai ahli pengumpul data, tetapi apa yang membuat daya saing saya adalah kemampuan untuk bekerja secara langsung dengan para pelanggan dan mencari akar persoalan. Saya mampu mengolah permasalahan-permasalahan yang rumit ke dalam bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, sehingga pelanggan dapat memahami apa yang saya katakan. Selama 2 tahun terakhir ini saya telah menerima penghargaan di bidang pelayanan pelanggan.

(C) Saya …