Langsung ke konten utama

Pertanyaan 49 - Trik Interview Kerja

PERTANYAAN INTERVIEW KERJA

49. "Coba ceritakan sebuah pengalaman ketika Anda pernah terdorong untuk mencapai sesuatu dan berhasil."

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Saya terdorong oleh keberhasilan saya sendiri. Manakala saya melakukan kinerja yang baik, saya terdorong untuk melakukan lebih baik lagi. Kami menulis rencana pemasaran dan tujuan setiap catur wulan, dan saya mengikuti rencana itu, dengan berusaha untuk melakukan penjualan sebanyak yang telah saya proyeksikan. Apabila saya ketinggalan dari perencanaan itu, saya harus menyesuaikan rencana saya untuk menutupi kekurangan tersebut, dan hal ini mendorong saya untuk lebih keras lagi. Hal ini berjalan bagus bagi saya. Saya merasa senang berhasil dan saya terdorong untuk terus melanjutkan selama saya terus mencapai hasil dan saya mendapat penghargaan atas segala jerih payah saya.

(B) Kompetisi selalu menjadi pendorong terbesar bagi saya. Makin besar insentif yang ditawarkan kepada saya oleh perusahaan, maka saya pun makin terdorong untuk mengejar hasil. Saya dapat memotivasi diri saya sendiri dengan menetapkan kuota jumlah penjualan setiap harinya, namun bila ada penghargaan dalam bentuk bonus atau persentase penjualan akan membuat saya makin terdorong lagi. Saya bekerja keras dan melakukan apa saja yang dibutuhkan mempertahankan reputasi saya. Saya percaya bahwa rahasia penjualan yang baik adalah kegigihan dan tindak lanjut. Saya telah membangun reputasi untuk selalu siap sedia melayani para pelanggan.

(C) Saya perlu menstimulasi minat bersama para pelanggan saya dan memutuskan untuk berkompetisi. Secara pribadi saya telah mengumpulkan banyak sekali brosur dan mendapat ide untuk menawarkan sebuah insentif bagi para pelanggan agar saya dapat memperkenalkan produk baru. Kesepakatannya adalah bahwa setiap pelanggan yang mengizinkan saya mendemokan produk akan diikutkan dalam undian perjalanan ke Hawaii. Saya mengirimkan banyak surat dan e-mail yang menjelaskan kontes itu dan mendapatkan hasil yang luar biasa. Saya tahu bahwa begitu saya bisa mendemokan produk tersebut, saya dapat menjualnya. Saya berada pada urutan puncak di divisi saya.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat
(C)
Ini adalah jawaban yang paling kuat karena memperlihatkan pemikiran yang orisinil dan memberikan sebuah contoh yang kuat suatu waktu ketika Anda terdorong untuk berhasil. Pertanyaan ini dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan lainnya, seperti "Coba ceritakan kapan ketika Anda mendapat sebuah strategi yang kreatif" atau "Coba ceritakan kapan Anda berpikir keluar dari kotak."

Jawaban Pertengahan
(A)
Jawaban ini bicara tentang bagaimana menjadi terdorong dan termotivasi namun tidak memberikan sebuah contoh yang spesifik untuk membuatnya lebih kuat. Kemampuan memotivasi diri sendiri adalah sebuah sifat yang bagus untuk disebutkan dalam cerita Anda, namun siapa saja dapat mengatakan bahwa dia dapat memotivasi dirinya sendiri. Manakala Anda memberikan sebuah contoh dari suatu waktu yang aktual ketika Anda terdorong sebagaimana pada jawaban (C), maka dampaknya akan lebih kuat.

Jawaban Terlemah
(B)
Ini adalah jawaban yang lemah karena bergantung pada jenis insentif apa yang dapat diberikan oleh perusahaan kepada Anda yang dapat membuat Anda termotivasi dan terdorong dibandingkan bagaimana caranya Anda memotivasi diri sendiri. Sang pewawancara hendaknya dibuat fokus pada apa yang dapat Anda lakukan untuk perusahaan, bukannya apa yang dapat dilakukan oleh perusahaan terhadap Anda.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 0 poin. _____

-----------------------------

kembali ke
50 ISI MATERI WAWANCARA
atau

cristal x
JANGAN DI-KLIK YA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan 4 - Teknik Wawancara

PERTANYAAN WAWANCARA KERJA

4. "Apa tujuan yang hendak Anda capai?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Tujuan saya adalah bekerja untuk perusahaan di mana saya dapat tumbuh dan akhirnya menjadi seorang manajer marketing. Saya ingin memimpin sebuah tim yang terdiri dari orang-orang terampil dan memiliki pengaruh besar terhadap perusahaan. Saya tertarik pada perusahaan yang berpikiran ke depan dan berorientasi pada pertumbuhan.

(B) Saya ingin bekerja di sebuah departemen yang mempercayai pelatihan lintas fungsi. Saya beranggapan bahwa itulah cara terbaik untuk belajar dan melihat gambaran yang lebih besar dalam sebuah perusahaan. Pada akhirnya, saya berharap kembali ke sekolah untuk mendapatkan gelar MBA. Saya pikir itu akan memperluas ilmu saya, sehingga suatu hari saya dapat memiliki perusahaan konsultan sendiri, yang bekerja secara nasional maupun internasional.

(C) Saya membagi tujuan ke dalam tujuan-tujuan jangka pendek dengan tujuan jangka panjang di kepala. Saat ini say…

Pertanyaan 3 - Trik Interview Kerja

PERTANYAAN INTERVIEW KERJA

3. "Mengapa Anda ingin bekerja di sini?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Saya melakukan riset dan memilih perusahaan-perusahaan yang paling membuat saya tertarik, dan perusahaan Anda berada di puncak daftar saya. Saya melakukan riset itu berdasarkan reputasi perusahaan, tingkat kehandalan produknya, dan stabilitas industri. Demikian juga bagaimana karyawan-karyawannya memandang pekerjaan di perusahaan itu. Saya melakukan pekerjaan yang terbaik ketika tujuan dan nilai-nilai saya selaras dengan tujuan dan nilai-nilai perusahaan. Saya tahu bahwa saya dapat menyesuaikan diri dengan kultur perusahaan dan memiliki banyak kontribusi.

(B) Saya melihat lowongan kerja itu di internet. Pekerjaan ini sangat tepat untuk keahlian dan kemampuan saya. Saya melihat ini sebagai kesempatan nyata untuk menemukan tantangan. Saya ingin bekerja untuk perusahaan di mana saya dapat tumbuh, berkembang, dan tertantang. Saya mencari perusahaan dengan catatan finansial ya…

Pertanyaan 5 - Trik Interview Kerja

PERTANYAAN INTERVIEW KERJA

5. "Apa keunggulan yang Anda miliki?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Keunggulan saya adalah keahlian mengelola sumber daya manusia. Saya suka bekerja dengan orang banyak dan membantu mereka menyelesaikan persoalan. Pelanggan sangat penting bagi saya, dan saya pun mengatakan hal itu kepada mereka. Saya menerima banyak umpan balik yang positif tentang keahlian saya dari para pelanggan.

(B) Keunggulan saya adalah kombinasi antara keahlian teknis dan kemampuan untuk bekerja dengan beragam pelanggan. Saya memandang diri saya sebagai ahli pengumpul data, tetapi apa yang membuat daya saing saya adalah kemampuan untuk bekerja secara langsung dengan para pelanggan dan mencari akar persoalan. Saya mampu mengolah permasalahan-permasalahan yang rumit ke dalam bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, sehingga pelanggan dapat memahami apa yang saya katakan. Selama 2 tahun terakhir ini saya telah menerima penghargaan di bidang pelayanan pelanggan.

(C) Saya …