Langsung ke konten utama

Arti Sebuah Lencana - Cerita Inspiratif

Cerita Tentang Lencana

Seorang pengusaha taman dan tanaman hias menjalankan sebuah bisnis keluarga yang telah berlangsung selama dua atau tiga generasi. Para karyawannya merasa senang dan para pelanggan pun suka mengunjungi toko itu atau meminta para karyawan di sana untuk menggarap taman mereka atau mengantar pesanan – apa pun mulai dari perawatan tanaman hingga memotong dan memangkas.

Seingat orang, pemilik yang sekarang dan generasi pemilik yang sebelumnya adalah orang-orang bahagia yang sangat positif.

Kebanyakan orang mengira hal itu karena mereka menjalankan sebuah bisnis yang sukses. Padahal sebaliknya ...

Ada sebuah tradisi dalam bisnis tersebut bahwa sang pemilik selalu memakai lencana besar di kerah bajunya, yang bertuliskan Bisnis Hebat!


Bisnisnya memang hebat secara umum, meskipun melewati masa-masa sulit seperti yang lainnya juga. Namun yang tidak pernah berubah adalah sikap dari sang pemilik, dan lencana yang bertuliskan Bisnis Hebat! itu.

Setiap orang yang melihat lencana itu untuk pertama kalinya selalu bertanya, "Apa hebatnya bisnis?" Kadang-kadang orang juga akan berkomentar bahwa bisnis mereka sendiri payah, atau bahkan bahwa mereka secara pribadi sedang sengsara atau stres.

Bagaimanapun, lencana Bisnis Hebat! ini selalu cenderung untuk memancing suatu percakapan, yang biasanya membuat sang pemilik berbicara tentang banyak aspek positif dari bisnis dan pekerjaan, misalnya:
  • kenikmatan bertemu dan berbicara dengan orang yang berbeda setiap hari
  • imbalan yang berasal dari membantu karyawan menghadapi tantangan dan pengalaman baru
  • kesenangan dan tawa dalam suasana yang santai dan lingkungan kerja yang sehat
  • pesona dalam pekerjaan itu sendiri dan bisnis orang lain
  • perasaan luar biasa ketika Anda telah menyelesaikan suatu pekerjaan dan melakukan yang terbaik dari kemampuan Anda
  • hal-hal baru yang Anda pelajari setiap hari – bahkan tanpa melihat untuk apa Anda melakukannya
  • dan pikiran bahwa setiap orang dalam bisnis diberkati – karena ada jutaan orang yang bersedia menukar keadaan mereka sendiri agar dapat memiliki peluang yang sama untuk melakukan pekerjaan produktif yang berarti, dalam negara makmur beradab, di mana kita tidak memiliki kekhawatiran yang nyata
Dan daftar di atas masih dapat ditambah lagi. Dan tidak peduli betapa sedang sengsaranya seseorang itu, dia biasanya berakhir merasa jauh lebih bahagia setelah hanya beberapa menit mendengarkan semua antusiasme dan positif yang menular ini.

Tidak mungkin untuk menghitung atau mengukur sikap seperti ini, tapi untuk satu tahapan tertentu barangkali ini adalah sebuah ramalan yang terpenuhi dengan sendirinya, yaitu, jika ditanya tentang lencana itu dalam suasana yang tenang, maka sang pemilik bisnis akan bercerita:

"Lencana datang lebih dulu. Bisnis hebatnya menyusul kemudian."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan 4 - Teknik Wawancara

PERTANYAAN WAWANCARA KERJA

4. "Apa tujuan yang hendak Anda capai?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Tujuan saya adalah bekerja untuk perusahaan di mana saya dapat tumbuh dan akhirnya menjadi seorang manajer marketing. Saya ingin memimpin sebuah tim yang terdiri dari orang-orang terampil dan memiliki pengaruh besar terhadap perusahaan. Saya tertarik pada perusahaan yang berpikiran ke depan dan berorientasi pada pertumbuhan.

(B) Saya ingin bekerja di sebuah departemen yang mempercayai pelatihan lintas fungsi. Saya beranggapan bahwa itulah cara terbaik untuk belajar dan melihat gambaran yang lebih besar dalam sebuah perusahaan. Pada akhirnya, saya berharap kembali ke sekolah untuk mendapatkan gelar MBA. Saya pikir itu akan memperluas ilmu saya, sehingga suatu hari saya dapat memiliki perusahaan konsultan sendiri, yang bekerja secara nasional maupun internasional.

(C) Saya membagi tujuan ke dalam tujuan-tujuan jangka pendek dengan tujuan jangka panjang di kepala. Saat ini say…

Pertanyaan 3 - Trik Interview Kerja

PERTANYAAN INTERVIEW KERJA

3. "Mengapa Anda ingin bekerja di sini?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Saya melakukan riset dan memilih perusahaan-perusahaan yang paling membuat saya tertarik, dan perusahaan Anda berada di puncak daftar saya. Saya melakukan riset itu berdasarkan reputasi perusahaan, tingkat kehandalan produknya, dan stabilitas industri. Demikian juga bagaimana karyawan-karyawannya memandang pekerjaan di perusahaan itu. Saya melakukan pekerjaan yang terbaik ketika tujuan dan nilai-nilai saya selaras dengan tujuan dan nilai-nilai perusahaan. Saya tahu bahwa saya dapat menyesuaikan diri dengan kultur perusahaan dan memiliki banyak kontribusi.

(B) Saya melihat lowongan kerja itu di internet. Pekerjaan ini sangat tepat untuk keahlian dan kemampuan saya. Saya melihat ini sebagai kesempatan nyata untuk menemukan tantangan. Saya ingin bekerja untuk perusahaan di mana saya dapat tumbuh, berkembang, dan tertantang. Saya mencari perusahaan dengan catatan finansial ya…

Pertanyaan 5 - Trik Interview Kerja

PERTANYAAN INTERVIEW KERJA

5. "Apa keunggulan yang Anda miliki?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Keunggulan saya adalah keahlian mengelola sumber daya manusia. Saya suka bekerja dengan orang banyak dan membantu mereka menyelesaikan persoalan. Pelanggan sangat penting bagi saya, dan saya pun mengatakan hal itu kepada mereka. Saya menerima banyak umpan balik yang positif tentang keahlian saya dari para pelanggan.

(B) Keunggulan saya adalah kombinasi antara keahlian teknis dan kemampuan untuk bekerja dengan beragam pelanggan. Saya memandang diri saya sebagai ahli pengumpul data, tetapi apa yang membuat daya saing saya adalah kemampuan untuk bekerja secara langsung dengan para pelanggan dan mencari akar persoalan. Saya mampu mengolah permasalahan-permasalahan yang rumit ke dalam bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, sehingga pelanggan dapat memahami apa yang saya katakan. Selama 2 tahun terakhir ini saya telah menerima penghargaan di bidang pelayanan pelanggan.

(C) Saya …