Langsung ke konten utama

Pendeta dan Petani di Daerah Pelosok - Cerita Inspiratif

Kisah Pendeta dan Petani


Seorang petani tua yang tinggal di bukit pertanian yang kecil menempuh perjalalanan beberapa mil melalui salju membeku ke sebuah gereja kecil setempat yang lokasinya sangat terpencil untuk mengikuti kebaktian Minggu. Tidak ada orang lain yang ada di sana bersamanya, kecuali sang pendeta.

"Kayaknya percuma saja melanjutkan kebaktian ini – gimana kalo lebih baik kita kembali saja ke rumah kita yang hangat dan menikmati minuman panas?" tanya sang pendeta, sambil berharap mendapat reaksi setuju dari sang petani.

"Yah, aku hanya seorang petani sederhana," kata sang petani tua, "Tapi kalo aku pergi untuk memberi makan kawanan ternakku, dan jika hanya satu binatang saja yang datang, maka pasti tidak akan kubiarkan dia kelaparan."

Maka sang pendeta pun merasa agak malu dan memberikan pelayanannya – dengan ritual lengkap melibatkan lonceng, puji-pujian dan pembacaan doa, berlangsung selama beberapa jam dengan baik – dan akhirnya menyelesaikan dengan perasaan bangga bahwa tak peduli betapapun kecilnya kebutuhan, namun kita tetap menjalankan tugas. Dan ia mengucapkan terima kasih kepada sang petani tua atas pelajaran yang telah diperolehnya.

"Nah, gimana sekarang?" tanya sang pendeta ketika keduanya berangkat pulang.

"Yah, aku hanya seorang petani sederhana," kata sang petani tua, "Tapi kalo aku pergi untuk memberi makan kawanan ternakku, dan jika hanya seekor binatang saja yang muncul, maka aku pasti tidak akan memaksanya untuk memakan semua yang kubawa untuk seluruh kawanan... "

Di sini kita mendapat pelajaran tambahan, bahwa sementara kita tetap menjalankan tugas terlepas dari tingkat kebutuhannya, maka kita tetap memiliki tanggung jawab tambahan untuk memastikan bahwa kita perlu melakukan penyesuaian dengan kebutuhan dari para pendengar kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan 4 - Teknik Wawancara

PERTANYAAN WAWANCARA KERJA

4. "Apa tujuan yang hendak Anda capai?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Tujuan saya adalah bekerja untuk perusahaan di mana saya dapat tumbuh dan akhirnya menjadi seorang manajer marketing. Saya ingin memimpin sebuah tim yang terdiri dari orang-orang terampil dan memiliki pengaruh besar terhadap perusahaan. Saya tertarik pada perusahaan yang berpikiran ke depan dan berorientasi pada pertumbuhan.

(B) Saya ingin bekerja di sebuah departemen yang mempercayai pelatihan lintas fungsi. Saya beranggapan bahwa itulah cara terbaik untuk belajar dan melihat gambaran yang lebih besar dalam sebuah perusahaan. Pada akhirnya, saya berharap kembali ke sekolah untuk mendapatkan gelar MBA. Saya pikir itu akan memperluas ilmu saya, sehingga suatu hari saya dapat memiliki perusahaan konsultan sendiri, yang bekerja secara nasional maupun internasional.

(C) Saya membagi tujuan ke dalam tujuan-tujuan jangka pendek dengan tujuan jangka panjang di kepala. Saat ini say…

Pertanyaan 3 - Trik Interview Kerja

PERTANYAAN INTERVIEW KERJA

3. "Mengapa Anda ingin bekerja di sini?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Saya melakukan riset dan memilih perusahaan-perusahaan yang paling membuat saya tertarik, dan perusahaan Anda berada di puncak daftar saya. Saya melakukan riset itu berdasarkan reputasi perusahaan, tingkat kehandalan produknya, dan stabilitas industri. Demikian juga bagaimana karyawan-karyawannya memandang pekerjaan di perusahaan itu. Saya melakukan pekerjaan yang terbaik ketika tujuan dan nilai-nilai saya selaras dengan tujuan dan nilai-nilai perusahaan. Saya tahu bahwa saya dapat menyesuaikan diri dengan kultur perusahaan dan memiliki banyak kontribusi.

(B) Saya melihat lowongan kerja itu di internet. Pekerjaan ini sangat tepat untuk keahlian dan kemampuan saya. Saya melihat ini sebagai kesempatan nyata untuk menemukan tantangan. Saya ingin bekerja untuk perusahaan di mana saya dapat tumbuh, berkembang, dan tertantang. Saya mencari perusahaan dengan catatan finansial ya…

Pertanyaan 5 - Trik Interview Kerja

PERTANYAAN INTERVIEW KERJA

5. "Apa keunggulan yang Anda miliki?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Keunggulan saya adalah keahlian mengelola sumber daya manusia. Saya suka bekerja dengan orang banyak dan membantu mereka menyelesaikan persoalan. Pelanggan sangat penting bagi saya, dan saya pun mengatakan hal itu kepada mereka. Saya menerima banyak umpan balik yang positif tentang keahlian saya dari para pelanggan.

(B) Keunggulan saya adalah kombinasi antara keahlian teknis dan kemampuan untuk bekerja dengan beragam pelanggan. Saya memandang diri saya sebagai ahli pengumpul data, tetapi apa yang membuat daya saing saya adalah kemampuan untuk bekerja secara langsung dengan para pelanggan dan mencari akar persoalan. Saya mampu mengolah permasalahan-permasalahan yang rumit ke dalam bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, sehingga pelanggan dapat memahami apa yang saya katakan. Selama 2 tahun terakhir ini saya telah menerima penghargaan di bidang pelayanan pelanggan.

(C) Saya …