Langsung ke konten utama

Salah Wawancara - Cerita Inspiratif



Ini adalah sebuah kisah nyata tentang Guy Goma, seorang lulusan sekolah bisnis dari Kongo, ketika pada tanggal 8 Mei 2006 mendatangi gedung BBC yang beralamat di West London untuk suatu wawancara kerja di bidang IT. Pada waktu yang sama, saluran TV BBC News 24 juga mengundang Guy Kewney, editor website Newswireless.net untuk suatu siaran wawancara langsung di studio pada pukul 10.30 mengenai kasus persidangan Apple. (Apple Corps, yang dimiliki oleh sisa personil the Beatles McCartney dan Starr, kalah kasus melawan pihak Apple Computers tatkala mereka berusaha mencegah nama Apple dikaitkan dengan download musik iTunes.)

Akibat terjadinya miskomunikasi, yang mana kesalahan ini sepenuhnya ada di pihak BBC (kedua pria bernama Guy tersebut tak dapat disalahkan dalam hal ini), staf dari BBC News 24 telah salah dalam memanggil Guy yang dimaksud (sementara Guy Kewney sedang menunggu di ruangan lain), yang mana sebagai seorang asing yang sederhana dan sangat santun dan patuh pria itu masuk ke dalam studio, dan setelah dirias, ia pun diperkenalkan kepada para pemirsa TV dalam siaran langsung tersebut sebagai Guy Kewney, editor situs teknologi 'Newswireless', dan kemudian mendapatkan tiga pertanyaan dari presenter bisnis BBC News 24, Karen Bowerman, tentang penilaian Apple dan implikasinya terhadap download musik di internet.

Sementara Guy Kewney yang sesungguhnya sedang duduk dan menonton 'dirinya' di dalam monitor yang terdapat di ruang resepsi BBC. Menyaksikan wawancara tersebut.

Yang sangat menarik di sini adalah:

Guy Goma awalnya mengungkapkan keterkejutan mengenai situasi wawancara tersebut, namun, dikarenakan kemampuan bicara bahasa Inggrisnya yang patah-patah dan aksen Prancis yang berat, maka sang pewawancara menafsirkan dan mengarahkan respon Coma yang berarti bahwa ia terkejut tentang putusan pengadilan tersebut. Jika Anda mendengarkan dengan cermat Guy Goma tidak benar-benar menyebut-nyebut 'wawancara' dalam jawaban pertama. Lihat transkrip di bawah ini. Namun tekanan situasi terlalu besar dan dia hanya punya sedikit pilihan selain memainkan peran yang telah ditakdirkan untuknya. Dia sebenarnya cukup baik, mengingat bahwa dia tahu sedikit tentang subjek ini. Berikutnya laporan media bahwa Guy Goma adalah seorang sopir taksi adalah tidak benar – dia adalah seorang lulusan sekolah bisnis. Dia kemudian mengikuti wawancara kerja IT tapi sayangnya tidak berhasil.

Anda dapat membaca bagaimana tanggapan Guy Kewney atas kejadian tersebut di blognya di www.newswireless.net (ada beberapa entri – bacalah semuanya untuk mendapatkan gambaran yang utuh).

Isi transkrip wawancara orang yang salah:


Karen Bowerman: ... Baiklah para pemirsa, Guy Kewney adalah editor situs teknologi Newswireless.

[Kamera beralih ke wajah Guy Goma, yang tampak bercampur antara shock, tidak percaya dan seperti sedang menunggu terjadinya sebuah bencana.]

KB: Halo, selamat pagi.

Guy Goma: Selamat pagi.

KB: Apakah Anda terkejut dengan vonis hari ini?

GG: Saya sangat terkejut melihat ... vonis ini, pada saya karena saya tidak mengira. Ketika saya datang mereka mengatakan kepada saya tentang sesuatu yang lain dan saya pun datang kemari. Saya diundang untuk sebuah wawancara ... [ya jelas saja, mustahil untuk membedakannya] .... ini juga sebuah kejutan yang besar.

KB: Sebuah kejutan besar, ya, ya. [tampak agak cemas]

GG: Tepat sekali. [semakin percaya diri]

KB: Berkenaan dengan biaya yang terlibat menurut Anda sekarang lebih banyak orang akan men-download secara online?

GG: Sebenarnya, jika Anda pergi ke mana saja maka Anda akan melihat banyak orang yang men-download dari internet dan website segala sesuatu yang mereka inginkan. Tapi saya pikir, adalah jauh lebih baik untuk perkembangan dan memberdayakan masyarakat atas apa yang mereka inginkan dan untuk mendapatkan cara yang mudah dan cepat atas apa yang mereka cari.

KB: Tampaknya ini benar-benar suatu bentuk kemajuan industri musik sekarang, bahwa orang lebih suka mengunjungi situs web dan men-download musik.

GG: Tepat sekali. Anda dapat pergi kemana saja di warnet dan Anda dapat mengambil [mungkin 'memeriksa'?], Anda dapat pergi dengan mudah. Ini akan sangat mudah bagi setiap orang untuk mendapatkan sesuatu di internet.

KB: Thank you [sebenarnya terdengar lebih seperti 'Thank Kewney' – seolah-olah Ms Bowerman sedikit bingung, tidak heran]. Terima kasih banyak.

Pelajaran dari kejadian ini:

  1. Komunikasi yang baik jelas sangat penting ketika mengelola segala macam bentuk wawancara.
  2. Tekanan situasi yang dapat dengan mudah mengarahkan orang (terutama yang diwawancarai) untuk memberikan kesan palsu, yang sebetulnya tidak ada gunanya bagi siapa pun.
  3. Perilaku yang ditunjukkan dalam peristiwa ini menggambarkan kekuatan sugesti, dan NLP, walaupun sebagian besar sengaja digunakan dalam kasus ini, intinya adalah bahwa semua komunikasi melibatkan jauh lebih dari sekadar kata-kata.
  4. Kekuatan media untuk menafsirkan apa saja untuk tujuan jurnalistik mereka sendiri adalah sangat mengerikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan 4 - Teknik Wawancara

PERTANYAAN WAWANCARA KERJA

4. "Apa tujuan yang hendak Anda capai?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Tujuan saya adalah bekerja untuk perusahaan di mana saya dapat tumbuh dan akhirnya menjadi seorang manajer marketing. Saya ingin memimpin sebuah tim yang terdiri dari orang-orang terampil dan memiliki pengaruh besar terhadap perusahaan. Saya tertarik pada perusahaan yang berpikiran ke depan dan berorientasi pada pertumbuhan.

(B) Saya ingin bekerja di sebuah departemen yang mempercayai pelatihan lintas fungsi. Saya beranggapan bahwa itulah cara terbaik untuk belajar dan melihat gambaran yang lebih besar dalam sebuah perusahaan. Pada akhirnya, saya berharap kembali ke sekolah untuk mendapatkan gelar MBA. Saya pikir itu akan memperluas ilmu saya, sehingga suatu hari saya dapat memiliki perusahaan konsultan sendiri, yang bekerja secara nasional maupun internasional.

(C) Saya membagi tujuan ke dalam tujuan-tujuan jangka pendek dengan tujuan jangka panjang di kepala. Saat ini say…

Pertanyaan 3 - Trik Interview Kerja

PERTANYAAN INTERVIEW KERJA

3. "Mengapa Anda ingin bekerja di sini?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Saya melakukan riset dan memilih perusahaan-perusahaan yang paling membuat saya tertarik, dan perusahaan Anda berada di puncak daftar saya. Saya melakukan riset itu berdasarkan reputasi perusahaan, tingkat kehandalan produknya, dan stabilitas industri. Demikian juga bagaimana karyawan-karyawannya memandang pekerjaan di perusahaan itu. Saya melakukan pekerjaan yang terbaik ketika tujuan dan nilai-nilai saya selaras dengan tujuan dan nilai-nilai perusahaan. Saya tahu bahwa saya dapat menyesuaikan diri dengan kultur perusahaan dan memiliki banyak kontribusi.

(B) Saya melihat lowongan kerja itu di internet. Pekerjaan ini sangat tepat untuk keahlian dan kemampuan saya. Saya melihat ini sebagai kesempatan nyata untuk menemukan tantangan. Saya ingin bekerja untuk perusahaan di mana saya dapat tumbuh, berkembang, dan tertantang. Saya mencari perusahaan dengan catatan finansial ya…

Pertanyaan 5 - Trik Interview Kerja

PERTANYAAN INTERVIEW KERJA

5. "Apa keunggulan yang Anda miliki?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A)
Keunggulan saya adalah keahlian mengelola sumber daya manusia. Saya suka bekerja dengan orang banyak dan membantu mereka menyelesaikan persoalan. Pelanggan sangat penting bagi saya, dan saya pun mengatakan hal itu kepada mereka. Saya menerima banyak umpan balik yang positif tentang keahlian saya dari para pelanggan.

(B) Keunggulan saya adalah kombinasi antara keahlian teknis dan kemampuan untuk bekerja dengan beragam pelanggan. Saya memandang diri saya sebagai ahli pengumpul data, tetapi apa yang membuat daya saing saya adalah kemampuan untuk bekerja secara langsung dengan para pelanggan dan mencari akar persoalan. Saya mampu mengolah permasalahan-permasalahan yang rumit ke dalam bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, sehingga pelanggan dapat memahami apa yang saya katakan. Selama 2 tahun terakhir ini saya telah menerima penghargaan di bidang pelayanan pelanggan.

(C) Saya …