Apa Gambaran Tentang Kinerja Anda Dari Para Atasan? | Pertanyaan 12 - Teknik Wawancara

12 jawaban interview pertanyaan wawancara kerja
12. "Bagaimanakah atasan Anda yang sekarang atau mantan atasan Anda akan memberikan gambaran tentang kinerja Anda?"


Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya dan atasan saya yang terakhir memiliki kepribadian yang sangat berbeda, dan kadang-kadang hal itu menimbulkan konflik. Saya pikir dia akan mengatakan kepada Anda bahwa saya di atas semua itu adalah seorang profesional dalam hal berhubungan dengan para pelanggan, baik internal maupun eksternal. Dia juga akan mengatakan kepada Anda bahwa saya menepati semua tenggat waktu yang diberikan.

(B) Dia akan mengatakan kepada Anda bahwa saya adalah "tangan kanan"-nya. Dia yang akan membuat keputusan dan sayalah yang mengerjakan latar belakang dan pekerjaan teknisnya—dia mengandalkan saya untuk melakukan semua kalkulasi dan proses pemasukan data pada berbagai proyek. Saya akan meluruskannya manakala dia hendak menyimpang dari jadwal, dan saya akan datang menolong manakala dia membutuhkan bantuan. Dia akan mengatakan kepada Anda bahwa saya tetaplah temannya walaupun kami sudah bekerja bersama selama lima tahun.

(C) Dia akan mengatakan kepada Anda bahwa saya memiliki keahlian-keahlian yang sangat baik dalam bekerja dengan semua orang dari beragam latar belakang. Dia menominasikan saya untuk menerima penghargaan dalam hal pelayanan terhadap para pelanggan yang sangat baik yang telah saya lakukan selama ini di perusahaan. Dia memperlakukan saya dengan penuh hormat dan memberikan umpan balik yang saya perlukan untuk belajar dan tumbuh dalam pekerjaan saya. Dia juga akan mengatakan kepada Anda bahwa saya sangat dapat diandalkan dan senantiasa menepati tenggat waktu yang diberikan.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat
(B) Ini adalah jawaban yang paling kuat karena memberikan gambaran yang jelas bagaimana Anda bekerja dengan pihak yang punya otoritas: suportif dan bertanggung jawab. Jawaban ini memberikan informasi kepada sang pewawancara tentang keahlian-keahlian dan kemampuan-kemampuan teknis Anda serta kelenturan dan kesediaan Anda. Jawaban ini juga menyampaikan hubungan yang Anda bangun dengan atasan Anda. Tidak semua pekerjaan berakhir dengan hubungan pribadi, namun jika Anda dapat mengutip atasan Anda atau menyebutkan sesuatu yang positif yang dikatakan oleh seorang atasan dalam suatu tinjauan kinerja, maka hal itu akan memperkuat jawaban Anda.

Jawaban Pertengahan
(C) Ini adalah sebuah jawaban yang dapat diterima namun tidaklah sekuat jawaban (B) tadi karena tidak spesifik. Jawaban ini menunjukkan adanya keahlian yang bagus dalam berkomunikasi dan bergaul dengan orang serta bahwa Anda adalah orang yang dapat diandalkan dan mampu menepati tenggat waktu, yang mana itu adalah suatu hal yang baik, namun perlu diperkuat oleh adanya contoh. Fakta bahwa Anda dinominasikan untuk menerima suatu penghargaan sudah tentu suatu hal yang sangat patut disebutkan.

Jawaban Terlemah
(A) Ini adalah jawaban yang lemah. Yang terbaik adalah hindari untuk membicarakan tentang adanya perbedaan-perbedaan dengan cara yang negatif. Walaupun jawaban ini tidak benar-benar "mengkritik" atasan atau perusahaan tempat kerja Anda, namun ini menunjukkan bahwa ada masalah. Titik perhatian sang pewawancara bisa jadi adalah bahwa Anda tidak dapat bergaul dengan baik dengan para atasan Anda. Jawaban ini memiliki sudut positif karena bicara tentang sikap profesional dan kemampuan menepati tenggat waktu. Seorang pewawancara yang baik akan meneropong lebih jauh lagi dan mencari tahu seperti apakah konflik yang terjadi.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 0 poin. _____

-----------------------------