Apa Pengalaman Anda Untuk Posisi Ini? | Pertanyaan 11 - Trik Interview Kerja

11 jawaban interview kerja pertanyaan wawancara
11. "Pengalaman apa yang Anda miliki sehingga Anda memenuhi syarat untuk menempati posisi ini?"


Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Pengalaman saya sangat pas dengan syarat-syarat yang dibutuhkan bagi posisi ini. Saya memenuhi semua persyaratan Anda. Saya pikir, saya dapat memberikan nilai tambah pada posisi ini melalui pemahaman dan pengetahuan saya di bidang bisnis internasional di negara-negara Asia. Memiliki kemampuan bahasa dan pemahaman atas norma-norma budaya akan menjadi sebuah aset yang sangat berguna dalam berhadapan dan bernegosiasi dengan perusahaan-perusahaan dari negara-negara tersebut.

(B) Saya tahu bahwa saya mampu melakukan pekerjaan ini. Saya memiliki keahlian-keahlian dan pengalaman yang diperlukan untuk berhasil di sini. Saya ingin bekerja untuk perusahaan ini, dan saya rasa posisi ini akan menjadi sebuah peluang dan sebuah tantangan bagi diri saya. Saya adalah orang yang suka tantangan, dan saya pun berkeinginan untuk terus tumbuh dan mempelajari keahlian-keahlian baru. Saya memiliki kekuatan dalam memecahkan persoalan dengan menggunakan data analitis. Saya suka bekerja dalam tim dan menyumbangkan solusi.

(C) Dengan pengalaman enam tahun bekerja di industri elektronika, saya telah bekerja pada tipe-tipe sistem yang dibutuhkan bagi pekerjaan ini. Kekuatan saya adalah pada keahlian kepemimpinan yang saya miliki. Saya telah menjadi pengawas bagi para teknisi dan para petugas tester dengan jadwal 24/7. Jika Anda bertanya pada para anggota staf saya tentang diri saya, mereka akan mengatakan kepada Anda bahwa saya selalu ada manakala mereka membutuhkan saya. Saya sangat mudah beradaptasi dan telah bekerja sampai 70 jam dalam sepekan sehingga kami dapat menepati tenggat waktu.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat
(C)
Ini adalah jawaban yang paling kuat. Jawaban ini memberikan gambaran yang luas tentang diri Anda dan bagaimana keahlian-keahlian yang Anda miliki akan memenuhi apa yang dibutuhkan oleh sang pewawancara. Di sini ada contoh-contoh tentang kekuatan-kekuatan di area teknologi, keahlian kepemimpinan (yang dipandang sebagai keahlian yang transferable), dan kesediaan Anda untuk melakukan "apa pun agar pekerjaan selesai." Adanya "endorsemen pihak ketiga" dari orang-orang yang pernah bekerja bersama Anda sangat membantu. Berbicara melalui komentar-komentar dari orang lain adalah sebuah teknik yang kuat untuk digunakan manakala Anda sedang menjawab pertanyaan.

Jawaban Pertengahan
(A)
Jawaban ini memiliki titik kuat, namun ia tidak memberikan gambaran yang menyeluruh sebagaimana halnya pada jawaban (C) tadi. Kapan saja Anda bisa berbicara tentang "nilai tambah" bagi sebuah perusahaan, entah itu dengan kemampuan berbahasa, keahlian bergaul dengan orang, atau kemampuan melakukan sesuatu yang hampir semua calon lainnya tidak dapat, hendaknya Anda menjual hal itu sebagai sebuah titik kuat. Dengan menggantungkan betapa besarnya nilai Anda pada posisi tersebut, hal ini dapat menunjukkan keistimewaan Anda sebagai calon yang terpilih.

Jawaban Terlemah
(B)
Jawaban ini terlalu terfokus pada apa yang dapat dilakukan oleh pekerjaan itu bagi Anda. Penekanan terbaik seharusnya pada apa yang dapat Anda lakukan bagi perusahaan itu. Jawaban ini akan lebih kuat bila menyertakan informasi yang spesifik tentang pengalaman Anda selama bertahun-tahun dan tipe-tipe masalah yang telah dipecahkan.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 0 poin. _____

-----------------------------