Apa Yang Anda Tahu Tentang Perusahaan Ini? | Pertanyaan 13 - Trik Interview Kerja

13 jawaban wawancara kerja pertanyaan interview
13. "Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini?"


Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya telah melakuan riset atas perusahaan ini dan mengecek misi yang Anda nyatakan serta ide-ide, nilai-nilai, dan prinsip-prinsip yang Anda dukung. Saya sangat akrab dengan produk-produk Anda dan perusahaan-perusahaan pesaing Anda. Saya meneliti latar belakang kedua orang pendiri perusahaan ini dan menyusuri jejak karir dan kesukesan mereka. Saya tahu bahwa saat ini harga saham Anda sedang turun namun Anda sedang bersiap-siap meluncurkan sebuah produk baru. Saya tahu bahwa saya sangat tertarik untuk bergabung dengan perusahaan ini.

(B) Minat saya terhadap perusahaan ini dimulai semenjak saya masih kuliah dan membuat makalah penelitian tentang berbagai perusahaan dan saham. Saya telah mengikuti perkembangan perusahaan ini: pasang-surutnya. Saya bahwa akhir-akhir ini ada beberapa deal yang dilakukan guna mengubah penampilan perusahaan ini serta posisinya di dunia industri. Saya telah menargetkan perusahaan ini sebagai tempat untuk berkarir.

(C) Tatkala saya melihat iklan lowongan kerja di Internet, saya tidak begitu akrab dengan perusahaan ini. Saya mulai menanyai teman-teman dan rekan sejawat tentang apa yang mereka ketahui tentang perusahaan ini. Mereka semua punya komentar yang positif tentang peluang kerja di perusahaan ini. Saya telah mendengar bahwa perusahaan ini benar-benar memperlakukan para karyawannya dengan baik dan kompensasi yang ditawarkan di perusahaan ini berada pada tataran yang tertinggi.
EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat
(A)
Ini adalah jawaban yang paling kuat karena mendemonstrasikan keahlian yang dimiliki: bukan hanya melakukan riset atas perusahaan tersebut namun menggali lebih dalam informasi tentang para pendirinya, persaingan, produk-produk masa depan, dan saham. Jawaban ini memberikan informasi dan pengetahuan yang melampaui apa yang ada di website.

Jawaban Pertengahan
(B)
Ini bukanlah sebuah jawaban yang buruk. Ada rasa antusias terhadap perusahaan dan sejarah penelitian. Jawaban ini kurang memberikan informasi tentang apa yang sekarang sedang terjadi di perusahaan, persaingan dengan kompetitor, dan posisi perusahaan di dunia industri. Semua informasi tadi dapat diperoleh dengan mencari secara on-line di Internet atau di perpustakaan umum.

Jawaban Terlemah
(C)
Ini adalah jawaban yang paling lemah karena tidak memberikan fakta-fakta apa pun. Sayangnya, kurangnya informasi yang dikuasai tentang perusahaan ini lazim terjadi pada para pelamar kerja. Sekurang-kurangnya, membuka situs perusahaan di Internet merupakan suatu hal yang esensial. Mengandalkan "ucapan" dari teman-teman dan rekan sejawat bukanlah suatu aktivitas penelitian yang baik. Jawaban ini juga terfokus pada "keuntungan yang bisa dipetik" dengan bekerja di perusahaan, bukan pada perusahaannya itu sendiri.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 0 poin. _____

Internet merupakan sumber informasi yang sangat baik atas suatu perusahaan. Jadikan diri Anda memiliki kelebihan yang kompetitif dengan mengerjakan "pekerjaan rumah" Anda dan melakukan penelitian atas perusahaan tersebut sebelum menjalani tes wawancara.

-----------------------------