Apa Kualitas Kunci Seorang Suport Person Menurut Anda? | Pertanyaan 14 - Teknik Wawancara

14 lowongan kerja walk interview pertanyaan wawancara

14. "Menurut Anda apakah kualitas kunci bagi seorang support person (pribadi pendukung)?"


Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Keahlian komunikasi adalah suatu hal yang paling kritis. Seorang support person yang baik harus dapat menghadapi sejumlah eksekutif dan para pelanggan kunci. Di sini keahlian komunikasi adalah sesuatu yang amat penting. Saya pernah harus merencanakan sekian banyak acara sosial dan konferensi di mana keahlian komunikasi saya memegang peranan penting atas suksesnya acara tersebut. Para atasan saya saat itu sangat tergantung pada keahlian komunikasi saya dalam menyampaikan pesan dan menerangkan situasi-situasi yang sensitif manakala diperlukan.

(B) Hal itu benar-benar tergantung pada sifat pekerjaan dan tanggung jawab yang dilibatkan. Kadang-kadang saya mendukung satu tim dan pada waktu lainnya saya bekerja sama dengan seorang atasan. Apa pun yang saya kerjakan, saya berusaha mengakomodasi setiap orang sebisa mungkin. Jika saya sedang bekerja pada seorang atasan, saya bertindak sebagai "tangan kanannya." Selama ini saya dapat mendukung para atasan saya dengan tetap bersikap fleksibel dan berusaha memenuhi ketentuan-ketentuan yang diberikan kepada saya.

(C) Beberapa keahlian kunci yang diperlukan adalah sikap teratur, memiliki keahlian komunikasi, bersikap fleksibel, dapat diandalkan, dan menjadi seorang pemain dalam tim. Keahlian-keahlian yang seperti ini adalah sebagian dari beberapa keahlian saya yang dapat dibanggakan. Saya memiliki keahlian komunikasi yang sangat baik dan memberikan sambutan yang baik manakala diminta untuk bekerja pada proyek-proyek yang bukan merupakan bagian dari pekerjaan saya sehari-hari. Saya merespon dengan cepat dan tak pernah luput dari tenggat waktu. Teman-teman satu tim saya akan mengatakan kepada Anda bahwa jika saya sedang tidak ada pekerjaan, saya akan menawarkan bantuan kepada orang lain.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat
(C)
Ini adalah jawaban yang paling kuat karena menyebutkan kualitas-kualitas itu dan mengambil peluang untuk menunjukkan bahwa Anda memilikinya. Dengan membicarakan keahlian-keahlian kunci Anda maka jawaban ini menjadi lebih kuat, terutama dengan adanya endorsemen dari "teman satu tim."

Jawaban Pertengahan
(A)
Jawaban ini tidak buruk, namun ia hanya fokus pada satu kualitas saja dan bukannya menyebutkan "kualitas-kualitas kunci." Jawaban ini memberikan contoh-contoh keahlian komunikasi dan bagaimana Anda telah menggunakan keahlian itu dalam pekerjaan Anda yang lalu. Akan lebih kuat jika Anda tadi menjawab pertanyaan itu sebagaimana yang ditanyakan. Pastikan bahwa Anda menyimak dengan baik—dan menjawab—pertanyaan yang ditanyakan.

Jawaban Terlemah
(B)
Ini adalah jawaban yang paling lemah karena kurang fokus dalam menyampaikan apakah kualitas-kualitas kunci itu dan apakah Anda memilikinya. Dengan memberikan sebuah jawaban yang "netral" Anda gagal memberikan kesan. Dalam hal ini yang ditanyakan bukanlah kualitas-kualitas kunci "Anda" namun tentang apakah kualitas-kualitas kunci itu menurut Anda. Tidak apa-apa mengatakan bahwa Anda memiliki kualitas-kualitas yang diperlukan sepanjang Anda menjawab pertanyaan tersebut dalam waktu yang sama.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 0 poin. _____

-----------------------------