Apakah Pengalaman Kerja Anda Selama Ini Sudah Memadai? | Pertanyaan 16 - Teknik Wawancara

16 pertanyaan interview kerja
16. "Dengan cara bagaimana pekerjaan Anda yang sekarang ini atau pekerjaan Anda yang lalu membuat diri Anda siap untuk menambah beban tanggung jawab?"


Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya punya pengalaman yang sangat luas dalam bekerja dengan para pelanggan pada pekerjaan saya yang terakhir. Pada awalnya saya harus belajar untuk menghadapi orang-orang yang sangat frustrasi dan ingin meluapkan perasaan mereka kepada saya. Harus saya akui bahwa pada mulanya memang sakit hati tatkala seseorang bersikap kasar. Sejak saat itu, saya telah mengikuti beberapa kursus tentang cara menjual dan perilaku manusia yang telah sangat membantu. Saya merasa perlu bahwa pengalaman itu dapat digunakan lebih lanjut pada pekerjaan seperti yang satu ini.

(B) Pekerjaan yang sekarang benar-benar tidak cocok buat saya. Saya di atas standar untuk melakukan hal itu dan agak bosan. Saya mengambil pekerjaan karena tahu bahwa saya dapat melakukannya tanpa perlu memulai dari awal. Pekerjaan sebelum yang satu ini benar-benar sebuah tipe lingkungan yang "melelahkan", dan saya membutuhkan sebuah pekerjaan yang posisinya tidak tinggi. Saya tidak siap untuk bergerak maju dan memberikan segala yang saya miliki untuk pekerjaan ini. Saya tahu bahwa saya dapat melakukan pekerjaan ini dan mendatangkan nilai tambah pada departemen ini.

(C) Pekerjaan saya yang terakhir adalah sebuah batu loncatan yang sangat bagus bagi saya untuk menambah tantangan-tantangan baru yang akan ditawarkan oleh pekerjaan ini. Saya pernah harus mengatasi segala jenis situasi dan orang pada pekerjaan saya yang terakhir. Setelah lima tahun pada pekerjaan itu saya siap untuk beberapa tantangan baru di sebuah industri baru. Saya tahu bahwa saya siap untuk naik ke atas dan akan baik pada pekerjaan ini karena saya punya kesabaran yang diperlukan untuk menghadapi orang-orang yang sulit.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat
(A)
Ini adalah jawaban yang paling kuat karena memberikan contoh yang jelas tentang perkembangan dan pengalaman. Ia juga bicara tentang pelatihan dan perkembangan untuk memperoleh pemahaman yang melampaui pekerjaan itu sendiri. Ini adalah sebuah contoh yang baik dalam memperlihatkan bagaimana pengalaman masa lalu Anda sebagai sebuah indikator dari kesuksesan masa depan Anda.

Jawaban Pertengahan
(C)
Ini bukanlah jawaban yang buruk, namun fokusnya pada "apa yang ada di sana untukku." Hampir semua orang menginginkan "tantangan-tantangan baru" pada pekerjaan yang selanjutnya. Manakala fokus terlalu banyak pada tantangannya, maka menghilangkan apa yang Anda bawa untuk pekerjaan itu. Kalimat inti dalam proses wawancara ini adalah "Apa yang dapat Anda bawa pada perusahaan ini?"

Jawaban Terlemah
(B)
Jawaban ini memiliki semua indikator dari seseorang yang menderita "kelelahan" dan mengambil pekerjaan apa saja sekadar untuk bertahan hidup. Sang pewawancara bisa saja punya alasan untuk berpikir bahwa hal ini akan terjadi lagi. Yang terbaik adalah jangan membicarakan hal-hal negatif dari suatu pekerjaan. Letakkan fokus pada pengalaman dan keahlian yang dapat Anda bawa pada posisi baru ini: "Saya dapat membawa nilai tambah pada pekerjaan ini karena pengalaman kerja terakhir saya di lingkungan yang berpacu dengan cepat."

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 0 poin. _____

-----------------------------