Mengapa Anda Layak Kami Terima? | Pertanyaan 22 - Teknik Wawancara

22 pertanyaan saat wawancara kerja
22. "Mengapa kami harus menerima Anda?"


Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya dapat melakukan pekerjaan ini. Saya tahu saya bisa. Karena saya orang yang cepat belajar, saya punya kemampuan untuk menangkap segala sesuatu lebih cepat dibandingkan hampir semua orang. Sekarang ini saya sedang ikut kursus untuk belajar beberapa program komputer yang tidak saya ketahui. Saya dapat mempelajari pekerjaan ini dengan sangat cepat dan siap bekerja dalam waktu yang sesegera mungkin. Saya sedang mencari sebuah peluang untuk mencoba sesuatu yang baru.

(B) Keahlian saya berhubungan dengan orang adalah apa yang dapat saya bawa pada pekerjaan dan perusahaan ini. Saya punya kemampuan untuk mempelajari orang-orang dan memperlakukan mereka secara individual dengan cara yang hampir semua orang lain tidak bisa. Para pelanggan saya selalu bertanya kepada saya secara pribadi karena mereka tahu saya akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada mereka. Tatkala saya melihat iklan lowongan kerja ini di Internet, saya tahu bahwa pekerjaan ini adalah "milik saya."

(C) Jika Anda bandingkan antara kualifikasi yang saya miliki dengan persyaratan yang Anda perlukan, akan Anda lihat bahwa saya adalah orang paling mendekati sempurna untuk menduduki posisi ini. Anda sedang mencari seseorang yang memiliki pengalaman bertahun-tahun dan keahlian yang saya miliki dalam industri ini, dan di samping itu saya memiliki keahlian menulis yang sangat baik. Saya punya kemampuan untuk bekerja dengan beragam orang dari semua lapisan. Jika Anda hendak bertanya kepada mantan kolega-kolega saya, mereka akan mengatakan kepada Anda, "Dialah orangnya. Dia selalu membuat suasana penuh semangat dan pekerjaan mengalir."

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat
(C)
Ini adalah jawaban yang paling kuat. Cara terbaik untuk mempengaruhi sang pewawancara bahwa diri Anda adalah yang terbaik untuk mendapatkan pekerjaan itu adalah dengan menampilkan diri sebagai orang yang paling cocok dengan persyaratan yang diperlukan sedekat mungkin. Buatlah agar mereka tahu bahwa Andalah orang yang cocok dengan mengatakan kepada mereka tentang keahlian-keahlian Anda, khususnya pada area-area spesifif yang dibutuhkan. Jika Anda memiliki suatu hal yang dapat ditambahkan pada pekerjaan itu, maka ini akan menjadi suatu keistimewaan; mungkin saja hal itu bisa menjadi faktor yang menentukan apakah Anda akan mendapatkan pekerjaan itu atau tidak. Dengan mengutip pendapat dari teman-teman sekerja atau atasan membantu membuktikan poin yang Anda miliki tanpa Anda harus mengatakannya.

Jawaban Pertengahan
(B)
Jawaban ini tidak sekuat (C), namun memiliki nada kebenaran. Pertimbangkanlah untuk menyatakan satu atau dua poin yang kuat yang Anda miliki di luar deskripsi pekerjaan: sebuah "nilai tambah." Jawaban ini juga memperlihatkan adanya rasa percaya diri yang kuat dan kemampuan Anda untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Jawaban Terlemah
(A)
Ini adalah jawaban yang paling lemah karena ada nada putus asa. Sulit untuk menjual manakala Anda tidak memiliki persyaratan yang dibutuhkan bagi pekerjaan itu. Jawaban ini memang memperlihatkan adanya sikap yang bersemangat dan sebuah kemampuan yang terbukti untuk belajar dengan cepat, yang mana hal itu merupakan pendekatan yang tepat untuk diambil manakala Anda kurang memiliki keahlian. Ingatlah bahwa perusahaan tersebut tidak punya urusan untuk mengajari Anda hal-hal baru namun yang diinginkan adalah bagaimana pekerjaan itu selesai.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 0 poin. _____

-----------------------------