3 Hal Positif Apa Tentang Diri Anda Di Mata Kolega Anda? | Pertanyaan 21 - Trik Interview Kerja

21 pertanyaan saat interview wawancara kerja
21. "Jika saya bertanya kepada teman-teman sekerja Anda tentang tiga hal positif pada diri Anda, apa yang akan mereka katakan?"


Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Mungkin mereka akan mengatakan kepada Anda bahwa saya adalah seorang yang sangat tahu tentang pekerjaan saya dan saya bersedia berbagi pengetahuan saya dengan mereka kapanpun mereka membutuhkan bantuan. Kedua, mereka akan mengatakan bahwa saya memiliki keahlian berorganisasi yang sangat baik. Saya membuat perencanaan di depan dan menepati jadwal yang dibuat. Yang ketiga, mereka mungkin akan mengatakan bahwa saya tahu kapan saatnya untuk tertawa. Saya sudah belajar dari pengalaman bahwa engkau tak perlu menganggap suatu situasi terlalu serius.

(B) Saya tidak benar-benar yakin apa yang akan mereka katakan. Kami semua bekerja bersama dengan baik namun tidak banyak interaksi sosial yang terjadi. Saya pikir mereka akan mengatakan kepada Anda bahwa saya adalah seorang pekerja keras, karena memang begitulah saya. Saya pikir mereka akan mengatakan bahwa saya adalah seorang yang sangat perhatian; paling tidak saya berusaha untuk itu. Dan saya pikir mereka akan bilang bahwa saya adalah seorang pemain tim. Saya selalu berusaha membantu orang lain.

(C) Itu adalah pertanyaan yang sulit. Saya pikir mereka akan mengatakan bahwa saya bertanggung jawab. Saya selalu bersikap kooperatif. Saya tidak bergosip atau terlibat dalam politik perusahaan. Pada sisi negatifnya, sebagian dari mereka berpikir saya menjaga jarak karena saya tidak ikut bergosip ria. Namun saya pikir yang terbaik adalah untuk menjaga agar pekerjaan tetap berbasis pada nonpersonal.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat
(A) Ini adalah jawaban yang paling kuat bukan hanya karena contoh-contoh yang ada di dalamnya namun karena keahlian-keahlian yang disebutkan adalah paduan dari berbagai keahlian. Anda tadi memberikan contoh tentang pengetahuan kerja Anda; keahlian berorganisasi yang Anda miliki, yang dapat diterapkan pada pekerjaan apa saja; dan ciri-ciri kepribadian Anda, yang membuat diri Anda menjadi orang yang disukai. Adalah hal yang terbaik manakala Anda dapat memberikan paduan keahlian dan ciri-ciri. Itulah yang membuat diri Anda unik.

Jawaban Pertengahan
(B) Jawaban ini akan lebih kuat jika Anda tadi memberikan beberapa alasan untuk mendukungnya, seperti, "Mereka mungkin akan mengatakan bahwa saya adalah seorang yang sangat perhatian. Saya selalu ingat hari ulang tahun siapa saja dan mengirim kartu atau hadiah kecil." Manakala Anda memberikan sebuah contoh beserta pernyataan itu, maka dampak yang ditimbulkannya akan lebih besar. Juga, hindari kata-kata "Saya pikir." Hal itu membuat Anda tampak kurang percaya diri.

Jawaban Terlemah
(C) Ini adalah jawaban yang paling lemah karena tidak ada sebuah sudut pandang positif dan berubah menjadi negatif pada akhirnya. Jangan sekali-kali secara sengaja memberikan pikiran yang negatif tentang diri Anda sendiri jika tidak ditanyai tentang kelemahan yang Anda miliki. Jawaban ini tidak memberikan banyak kesan bahwa Anda adalah seorang pemain tim.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 0 poin. _____

-----------------------------