Anda Minta Gaji Berapa? | Pertanyaan 24 - Teknik Wawancara

24 teknik wawancara kerja pertanyaan interview
24. "Berapa gaji yang Anda minta?"


Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Gaji saya sekarang adalah Rp5.000.000,00. Saya juga memiliki saham dan mendapat bonus dan paket tunjangan yang sangat besar. Saya ingin membandingkan paket gaji dan tunjangan yang Anda tawarkan sebelum saya menyebutkan angka pastinya.

(B) Saya benar-benar membutuhkan informasi yang lebih dalam lagi tentang pekerjaan ini dan tunjangan-tunjangan lainnya sebelum saya bisa menyatakan angkanya. Saya pikir setelah saya mendapatkan fakta-faktanya kita dapat membuat kesepakatan soal angkanya. Bisakah Anda beritahukan kepada saya rentang gaji yang telah Anda anggarkan untuk posisi ini?

(C) Saya yakin bahwa berapapun yang Anda tawarkan akan berupa jumlah yang layak bagi seseorang yang memiliki pengalaman dan kualifikasi seperti saya. Saya lebih tertarik untuk bekerja pada perusahaan ini dan peluang-peluang yang diberikannya.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat
(B)
Ini adalah jawaban yang paling kuat karena Anda menunda menjawab perbincangan soal gaji itu hingga tersedia fakta-fakta yang lebih banyak. Pihak pemberi kerja pun juga diberi beban dengan menanyakan berapa rentang yang telah dianggarkan. Sebelum Anda memiliki pemahaman yang menyeluruh mengenai tanggung jawab pekerjaan itu dan rentang gaji yang dibuat bagi seseorang yang memiliki latar belakang pengalaman seperti Anda, Anda tidak bisa memberikan angka yang akurat kepada sang pewawancara.

Jawaban Pertengahan
(C)
Memang sikap yang manis dengan berkata, "Saya percaya Anda memperlakukan saya dengan fair," yang dapat dipandang sebagai suatu sikap pasif. Tatkala tiba saatnya, Anda dapat menekan lebih kuat lagi untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan. Pastikan Anda tahu "berapa tarip" yang sedang berlaku bagi seseorang yang memiliki pengalaman dan kualifikasi di bidang Anda dengan mencek beberapa situs tentang gaji di Internet. Anda dapat menemukan tarip gaji yang sedang berlaku sekarang ini dengan melakukan pencarian "gaji" dengan menggunakan search engine favorit Anda di Internet.

Jawaban Terlemah
(A)
Ada aturan dalam wawancara yang bunyinya, "Jangan pernah menyebutkan angkanya terlebih dahulu. Orang yang menyebutkan angka pertama kali, dia kalah." Tatkala Anda memberi angka seperti Rp5.000.000,00, maka Anda mengambil risiko karena bisa saja angka itu terlalu tinggi bagi posisi ini atau mungkin juga terlalu rendah. Yang terbaik adalah membuat sang pewawancara untuk menyebutkan jumlahnya dengan menanyakan "rentang gaji yang tersedia."

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 0 poin. _____

-----------------------------