Apakah Ada Yang Ingin Anda Tanyakan? | Pertanyaan 25 - Trik Interview Kerja

25 tes interview kerja pertanyaan wawancara
25. "Apakah Anda punya pertanyaan?"


Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya ingin tahu bagaimana bonus yang disediakan dan bagaimana menentukan siapa yang akan menerima bonus dan siapa yang tidak. Saya juga ingin tahu lebih dalam lagi tentang pembayaran premi asuransi kesehatan.

(B) Anda tadi sudah sangat rinci dalam menjelaskan tentang syarat-syarat yang dibutuhkan untuk pekerjaan ini. Saya tidak punya pertanyaan lebih jauh lagi pada saat ini. Saya yakin nanti setelah mulai bekerja saya akan ada pertanyaan yang lebih banyak lagi.

(C) Salah satu hal yang telah dibicarakan selama proses wawancara ini adalah soal "branding" produk Anda. Dapatkah Anda katakan kepada saya apa maksudnya dan apa yang Anda ingin lihat untuk dikerjakan secara berbeda?

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat
(C)
Ini adalah jawaban yang paling kuat karena memperlihatkan bahwa Anda selama ini telah menyimak dan menyadari bahwa salah satu proyek pertama Anda adalah bekerja pada isu "branding." Pertanyaan mendasar dalam proses wawancara ini adalah "Apa yang dapat Anda lakukan untuk kami?" Dengan menanyakan apa yang telah dilakukan dan apa yang belum, Anda memperlihatkan kemampuan untuk menyimak masalahnya, dan kemudian Anda dapat menyampaikan apa yang diperlukan untuk memecahkan masalah tersebut.

Jawaban Pertengahan
(A)
Tergantung di mana Anda berada dalam proses wawancara itu, jawaban ini bisa saja tepat. Mungkin akan tidak baik jadinya mengajukan pertanyaan pada wawancara pertama sebelum dirasakan adanya suatu kepentingan yang menarik. Pertanyaan ini fokus pada apa yang akan Anda dapatkan dari bekerja pada perusahaan ini. Pada akhirnya Anda akan memerlukan informasi tersebut; tunggu saja hingga tiba saatnya untuk mengutarakannya, seperti pada wawancara kedua atau setelah pertanyaan itu ditawarkan.

Jawaban Terlemah
(B)
Ini adalah jawaban yang paling umum dikemukakan oleh para pelamar kerja—"Tidak, saya tidak punya pertanyaan"—dan ini adalah jawaban yang salah. Sangat penting bagi Anda untuk mengajukan pertanyaan untuk memperlihatkan perhatian Anda dan biarkan sang pewawancara tahu bahwa Anda selama ini menyimak.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 0 poin. _____

Pertanyaan-pertanyaan terbaik yang diajukan adalah yang berasal dari apa yang tadi disimak selama wawancara berlangsung. Perhatikan baik-baik pada pertanyaan-pertanyaan yang diajukan selama wawancara itu. Anda dapat memetik informasi berharga dengan menyimak apa yang dikatakan dan apa yang tidak dikatakan. Bacalah di antara kalimat-kalimat dan kemudian bertanyalah untuk menggali informasi lebih lanjut.

-----------------------------