Ceritakan Pengalaman Anda Ketika Harus Cepat Beradaptasi Atas Suatu Perubahan | Pertanyaan 32 - Teknik Wawancara

32 tes wawancara interview kerja di pt
32. "Coba ceritakan sebuah pengalaman ketika Anda harus beradaptasi dengan cepat atas suatu perubahan."


Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Sewaktu saya sedang membuat perhitungan angka-angka atas suatu item makanan tertentu, saya menemukan bahwa penjualannya sedang menurun. Saya harus bergerak cepat untuk membuat sebuah rencana untuk menyelesaikan penjualan tersebut. Dengan menggunakan demografi, saya menemukan bahwa kami berada di luar target pasar kami. Saya segera menyusun sebuah proposal, dan dalam waktu sepekan kami memiliki sebuah fokus pemasaran baru untuk mencapai para pelanggan yang tepat. Rencana baru itu termasuk kupon, beli satu dapat dua, dan cara pemajangan istimewa untuk menarik para pelanggan. Pada akhir bulan penjualan meningkat secara signifikan.

(B) Saya benar-benar menyukai perubahan. Sesungguhnya, saya berkembang pesat pada perubahan. Saya adalah orang yang dapat beradaptasi dengan mudah atas situasi apa pun yang Anda berikan kepada saya. Saya pernah bekerja di sebuah perusahaan di mana jajaran manajemen puncaknya berubah hingga tiga kali dalam satu tahun. Saya tak mau dibuat jengkel karena keadaan itu. Saya tahu bagaimana caranya untuk segera menyesuaikan diri. Hal yang terburuk bagi saya adalah tidak adanya perubahan. Melakukan hal yang sama terus-menerus selama bertahun-tahun benar-benar akan menjadi sesuatu yang tidak saya inginkan dari sebuah pekerjaan atau karir. Pergerakan membuat saya tetap tumbuh dan belajar; saya suka menghadapi tantangan.

(C) Perubahan adalah suatu hal yang terjadi setiap hari di dalam industri ini. Sebuah perbedaan kebijakan dapat membuat setiap orang terlonjak, dan kita memiliki kekuatan yang sangat kecil untuk mengatasi situasi tersebut. Selama ini itulah salah keadaan yang paling membuat frustrasi dalam pekerjaan saya yang sekarang ini. Ada terlalu banyak perubahan, tanpa ada suatu pikiran di balik itu. Saya tidak ingin mengeluh tentang manajemen, namun kadang-kadang mereka mengubah cara kita melakukan sesuatu dan kemudian sepekan setelah itu mengubahnya lagi pada cara yang pernah dilakukan sebelumnya. Hal itu dapat membuat sangat frustrasi bagi seorang karyawan.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat
(A)
Ini adalah jawaban yang paling kuat karena ada contoh yang sangat berorientasi pada tindakan: Saat itu ada masalah. Anda bergerak cepat untuk memecahkan masalah tersebut. Masalah tersebut terpecahkan. Ada rasa yang kuat tentang peran yang Anda mainkan dalam situasi tersebut. Ini juga sebuah jawaban yang bagus untuk pertanyaan yang berkenaan dengan keahlian dalam memecahkan masalah atau ide kreatif.

Jawaban Pertengahan
(B) Jawaban ini bisa membahayakan karena mengesankan adanya keresahan. Karena Anda mengatakan bahwa perubahan adalah sesuatu yang bagus namun kurangnya perubahan membuat Anda mati, sang pewawancara dapat menangkap kesan bahwa Anda tidak akan betah tinggal lama, terutama bila ini adalah pekerjaan yang tidak memiliki prospek masa depan yang cerah dan dibayar dengan gaji yang rendah (dead-end job).

Jawaban Terlemah
(C) Ini adalah jawaban yang bernada negatif dan mengeluh. Mengkritik mantan atasan di tempat Anda bekerja dulu adalah sebuah ide yang buruk dalam sebuah wawancara. Bahkan jika memang ada suasana yang negatif, yang terbaik adalah tidak menyinggung-nyinggungnya dalam wawancara itu.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 0 poin. _____

Bicara hal yang negatif atau "mengkritik" mantan atasan atau tempat kerja Anda yang dulu bukanlah sebuah ide yang baik dalam sebuah wawancara. Jika Anda perlu membicarakan tentang suatu perkara yang negatif, maka bicarakan saja tentang fakta-fakta.

-----------------------------