Pelatihan / Kursus Tersulit Apa Yang Pernah Anda Ikuti? | Pertanyaan 38 - Teknik Wawancara

38 tes wawancara pertanyaan interview kerja dan jawabannya
38. "Apakah pelatihan atau kursus paling sulit yang pernah Anda ikuti?"


Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya tidak tahu kalau Anda ingin mempertimbangkan kelas-kelas yang pernah saya ambil sewaktu saya sedang menyelesaikan kuliah S-1 saya, namun saya pernah mengambil beberapa kelas yang sangat berat. Saya sedang membawa beban kredit yang sangat banyak dan bekerja 30 jam sepekan. Saya mengikuti kelas geologi yang merupakan kelas tersulit yang pernah saya ambil. Cara saya agar dapat lolos adalah dengan membuat perencanaan proyek dan masa studi, dan saya akan tetap terpaku pada rencana yang sudah saya buat itu tak peduli apa pun. Karena itu adalah kelas yang paling sulit, saya memastikan bahwa itu adalah fokus utama saya pada semester tersebut. Fokus adalah kunci untuk dapat lolos dari kelas tersebut.

(B) Saya tak dapat memikirkan satu kursus yang lebih sulit daripada kursus-kursus lainnya. Saya telah mengikuti banyak kursus pelatihan semenjak lulus dari bangku kuliah. Karena saya mudah dan cepat dalam menangkap sesuatu, saya terus saja menambah pengetahuan. Kelas dan kursus yang paling saya nikmati selama ini adalah tentang keuangan dan investasi. Saya memiliki otak yang encer dalam hal angka-angka dan teori, dan hal itu telah membantu saya pada posisi-posisi saya yang terdahulu. Saya bermaksud untuk tetap mengikuti kursus-kursus sebagai suatu cara untuk mengembangkan teknik-teknik baru.

(C) Saya telah mengikuti banyak kursus pelatihan dalam karir saya. Sebagian daripadanya ada hubungannya dengan bisnis, sebagian dengan perkembangan kepribadian, dan sebagian dengan teknologi. Saya menikmati cakupan topik pembahasan yang luas. Saya adalah seorang yang punya keyakinan kuat akan pelatihan yang berkesinambungan. Saya kira program yang paling sulit selama ini adalah di area teknologi, yang mana hal itu mungkin adalah wilayah saya yang paling lemah.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat
(A)
Ini adalah jawaban yang paling kuat karena inilah yang paling spesifik. Walaupun ini bukan tentang bisnis, di sini diberikan sebuah contoh yang bagus tentang bagaimana Anda memfokuskan usaha-usaha Anda untuk melewati sebuah situasi yang berat. Memang diinginkan untuk memberikan jawaban bisnis sebagai pilihan pertama Anda, namun jika Anda tidak dapat memikirkan sebuah situasi untuk menjawab pertanyaan itu, berikanlah sebuah jawaban yang memiliki hubungan yang sedekat mungkin dengan pertanyaan itu. Hal ini terutama berlaku pada para lulusan baru atau orang-orang yang mengulang. Jawaban ini mengindikasikan kemampuan Anda dalam hal mengelola dan membuat perencanaan serta menggambarkan kekukuhan Anda.

Jawaban Pertengahan
(C) Jawaban ini tidak salah; hanya saja bukan jawaban yang kuat. Pada sisi positifnya jawaban ini memasukkan berbagai macam pelatihan yang pernah Anda ikuti. Dalam menjawab pertanyaan seperti ini akan terdengar lebih baik bila Anda fokus pada sebuah kursus spesifik yang paling menantang Anda. Anda mengatakan bahwa kelas teknologi adalah yang paling sulit namun Anda tidak memberikan spesifikasi apa pun yang akan memperdalam jawaban Anda.

Jawaban Terlemah
(B) Ini adalah jawaban yang paling lemah karena tidak menjawab pertanyaannya. Ini sangat umum. Ada nilai lebihnya karena membicarakan tentang kemampuan Anda untuk belajar dengan cepat dan menangkap informasi dengan mudah. Jawaban ini juga menunjukkan etika pertumbuhan berkesinambungan dengan cara belajar, yang mana ini adalah suatu hal yang positif.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 0 poin. _____

-----------------------------