Berikan Contoh Mengurusi Bisnis Sehari-hari Namun Juga Berpikir Jangka Panjang | Pertanyaan 47 - Trik Interview Kerja

47 walk in interview pertanyaan wawancara kerja
47. "Coba berikan contoh kepada saya tentang bagaimana mengurusi bisnis sehari-hari namun juga berpikir jangka panjang."


Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya adalah seorang manajer proyek yang terus mengawasi apa yang terjadi di pasaran. Kadangkala saya harus merespons dengan cepat untuk mendapatkan pangsa pasar, khususnya di tengah-tengah ketatnya perekonomian. Biasanya saya menghabiskan banyak waktu untuk mengerjakan anggaran, berupaya untuk memaksimalkan leverage. Saya selama ini terkenal sering mengambil risiko seperti membeli periklanan yang mahal agar produk kami diketahui khalayak. Saya bersedia melakukan apa saja yang dibutuhkan untuk bersaing di pasaran dan merasa bahwa pada jangka panjang ini akan impas. Saya telah berpengalaman memimpin beberapa kampanye yang sukses bahkan tatkala kondisi pasar sedang tidak menguntungkan bagi kami.

(B) Memelihara pelanggan adalah sebuah tantangan yang besar di perusahaan terakhir saya. Saya bekerja bersama para staf dan anggota dari departemen-departemen lainnya yang relevan untuk membuat strategi cara-cara mempertahankan dan membangun. Tim-tim telah dikirim untuk mewawancarai para pelanggan, dan data yang terkumpul diberikan kepada departemen pemasaran untuk dianalisis. Kami memperoleh umpan balik dari para pelanggan kami yang menyatakan bahwa mereka ingin ditanya terlebih dahulu atau ingin informasi bila diminta saja. Mereka tidak menyukai kampanye telemarketing kami yang sedang berjalan saat ini dan merasa terganggu karena mereka menerima informasi yang tidak mereka inginkan atau butuhkan. Dengan bekerja sama dan melibatkan departemen-departemen lainnya, saya mampu melihat masalah sehari-hari dengan sebuah dampak pada gambaran yang lebih besar.

(C) Saya telah memiliki banyak pengalaman dalam perencanaan jangka panjang, terutama dalam hal product branding. Kami menyewa beberapa orang atlet bintang untuk "menjadi merek" produk kami. Kami menjual merek itu, dan apa saja yang kami lakukan mendorong nama itu. Kami membeli mailing list dan mengirim ribuan iklan melalui surat dan e-mail. Kami mengeluarkan anggaran yang lumayan untuk mendorong merek itu. Setiap aktivitas yang kami lakukan selama kampanye tersebut berkisar di seputar merek itu. Kami berusaha untuk memantapkan kehadiran kami, dan berhasil. Kami fokus pada aktivitas sekarang dan sehari-hari pada proyek ini, dan hal itu sudah terbayar lunas.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat
(B)
Ini adalah jawaban yang paling kuat. Padat berisi dan langsung ke intinya. Ia bicara pada masalah yang spesifik dan menyebutkan solusinya. Contoh ini menunjukkan kemampuan Anda dalam melihat isu sehari-hari sambil mengawasi masa depan dan melakukan hal itu sambil bekerja bersama tim-tim dan departemen-departemen lintas fungsi untuk mendapatkan dampak yang maksimal.

Jawaban Pertengahan
(A)
Jawaban ini tidak kuat karena tidak fokus pada atau menjawab pertanyaannya secara langsung. Jawaban ini dapat diperkuat dengan menambahkan sebuah contoh dari salah satu dari "kampanye-kampanye yang sukses" yang Anda bicarakan tadi.

Jawaban Terlemah
(C)
Ini adalah jawaban yang paling lemah karena terlalu banyak menggunakan kata ganti "kami." Jika Anda hitung-hitung, Anda dapat menemukan sembilan kata "kami," yang mana hal ini terlalu banyak untuk dicantumkan bila Anda ingin menunjukkan apa peran Anda dalam proses tersebut. Walaupun Anda bekerja dalam tim dan departemen lainnya, adalah suatu hal yang penting untuk membuat sang pewawancara mendengar apa yang Anda lakukan dalam kegiatan-kegiatan itu.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 0 poin. _____

-----------------------------