Ceritakan Pengalaman Saat Keahlian Komunikasi Anda Berperan Penting | Pertanyaan 45 - Trik Interview Kerja

45 walk in interview jawaban wawancara kerja
45. "Coba ceritakan sebuah pengalaman ketika keahlian komunikasi Anda memainkan peranan yang penting."


Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya memiliki keahlian yang kuat dalam menulis dan komunikasi oral. Saya menulis banyak kurikulum untuk program pengajaran. Saya telah bekerja dengan banyak sekali tim dan fokus pada peran yang tak terkira harganya dalam seni sebagai sebuah sumber pengayaan kultural dalam kehidupan kita sehari-hari. Saya telah menulis latihan-latihan interaktif dan mengembangkan model-model tes kreatif yang digunakan sebagai standar di sekolah-sekolah di mana saya bekerja. Komunikasi dengan tim-tim yang pernah bekerja dengan saya telah menjadi sebuah hal yang sangat menonjol dalam kesuksesan proyek-proyek saya. Agaknya saya tak dapat menyelesaikannya tanpa kerjasama dan komunikasi dengan mereka.

(B) Saya memiliki pengalaman lima tahun lebih dalam mengembangkan dan menyampaikan program untuk sekolah-sekolah. Saya mengembangkan, mengorganisir, dan melakukan program-program tur pendidikan ke Eropa, yang berfokus pada penyampaian pesan peran seni dan sejarah sebagai pengayaan kultural dalam kehidupan kita sehari-hari. Saya pernah menulis buku bersama orang lain dan membantu memproduksi sebuah serial video-video seni yang digunakan dalam lembaga-lembaga pendidikan di seluruh Indonesia. Saya terkenal sebagai seorang pembicara dan sebagai presenter yang penuh memikat dalam menyampaikan materi yang selama ini dipandang tidak menarik manakala dipresentasikan oleh orang lain. Cara Anda mempresentasikan informasilah yang membuat beda.

(C) Salah satu proyek yang saya garap adalah tentang pengembangan kurikulum untuk sebuah program yang berkenaan dengan kemiripan-kemiripan kultural dalam kehidupan sehari-hari. Tantangannya adalah bagaimana cara mengomunikasikannya kepada para anggota tim saya dan membuat mereka merasa senang dengan peran mereka dalam proyek itu sebagaimana halnya saya. Saya berbicara kepada mereka satu demi satu, sambil menarik minat-minat khusus yang mereka miliki. Saya menggunakan informasi ini untuk memberikan penugasan di mana terdapat adanya minat, yang memungkinkan saya untuk mendatangkan hasil-hasil yang sangat positif melalui kerja tim. Umpan balik dari tim adalah bahwa setiap orang merasa dirinya telah memberikan kontribusi dengan caranya yang khas. Memang berharga meluangkan waktu tambahan untuk menyimak dan mendapatkan masukan dari mereka.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat
(C)
Ini adalah jawaban yang paling kuat karena fokus dalam cara Anda menggunakan keahlian komunikasi untuk bekerja dengan orang lain secara individu, dengan menyimak dan mengimplementasikan ide-ide yang didengar. Karena keahlian komunikasi yang baik melibatkan menyimak dan menulis serta berbicara, Anda tadi telah mendemonstrasikan secara luas keahlian-keahlian Anda. Jawaban ini juga memperlihatkan keahlian kepemimpinan yang kuat serta kemampuan dalam mengapresiasi perbedaan-perbedaan yang ada pada diri orang-orang dalam situasi ini.

Jawaban Pertengahan
(A)
Jawaban ini memiliki semua unsur yang diperlukan dalam membangun sebuah cerita yang bagus; yang diperlukan adalah perlunya penataan ulang agar fokus pada isu-isu komunikasi dan menjawab pertanyaannya. Jika Anda bandingkan contoh ini dengan jawaban yang lebih kuat (C), Anda dapat melihat adanya kesamaan informasi yang diberikan, namun dengan tekanan yang lebih banyak pada komunikasi dengan tim yang mendatangkan hasil-hasil yang sukses.

Jawaban Terlemah
(B)
Jawaban ini bicara tentang pengalaman-pengalaman Anda sebagaimana yang tertulis dalam resume, bukan sebagai sebuah contoh yang relevan dari pengalaman Anda. Sebuah contoh spesifik dari salah satu keahlian yang Anda sebutkan akan lebih kuat dibandingkan menceritakan kembali isi resume Anda. Bagian terakhir dari jawaban ini dapat dikembangkan sebagai sebuah contoh presentasi Anda pada sebuah kelompok dan umpan balik yang Anda peroleh dari cara penyampaian Anda yang bersemangat.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 0 poin. _____

-----------------------------