Ceritakan Tugas Dimana Anda Harus Mengawasi Secara Ketat Rincian Pekerjaan Yang Sangat Banyak | Pertanyaan 46 - Teknik Wawancara

46 walk in interview pertanyaan saat wawancara kerja
46. "Coba ceritakan suatu tugas yang membuat Anda harus mengawasi secara ketat rincian pekerjaan yang sangat banyak."


Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Anda tak dapat melakukan jenis pekerjaan yang saya lakukan dan tidak memberikan perhatian yang kuat pada detail. Saya terkenal sangat akurat. Sesungguhnya, para anggota tim saya membawa pekerjaan mereka untuk mencek keakuratannya. Saya memiliki mata yang alami untuk memeriksa detail. Selama ini saya sangat hebat dalam mengoreksi bacaan dan menangkap kesalahan. Saya telah bekerja dengan ribuan orang, dan saya terus bekerja keras hingga saya telah mengoreksi semua entri. Pada suatu ketika saya butuh waktu sepekan untuk melakukan pemeriksaan yang cermat atas fakta-fakta dan angka-angka, namun pada akhirnya saya memiliki produk yang berkualitas. Saya akan merasa sangat kepikiran bila pekerjaan saya ada salahnya.

(B) Baru-baru ini saya bekerja pada sebuah proyek yang banyak detailnya. Cara kerja saya adalah dengan membuat spreadsheet dan penandaan pada detail dan kemajuan saya. Dengan memastikan bahwa semua entri sudah betul dan bahwa saya menepati tenggat waktu saya, saya sangat sukses dalam mengerjakan proyek-proyek. Proyek terakhir saya amat berpengaruh dalam hal efisiensi order reparasi pelanggan. Saya bangga dengan kemampuan saya dalam mencek dan mencek ulang detail kapan pun saya sedang menggarap sebuah proyek. Kadang-kadang saya meminta teman satu tim saya untuk mencek pekerjaan saya guna memastikan bahwa saya tidak membuat kesalahan apa pun. Dalam menilai kinerja saya, atasan saya selalu menyebut betapa saya sangat perhatian pada hal-hal yang detail.

(C) Saya merancang sebuah in-house tracking system untuk unit-unit reparasi pelanggan. Saya mengorganisir semua data terbaru yang terkumpul dan memasukan waktu-waktu kapan pesanan itu diambil atas waktu yang lewat sebelum reparasi selesai. Memastikan keakuratan pada awal pemasangan sistem ini adalah hal yang penting, dan dengan demikian saya memilah-milah dan memasukkan sendiri semua informasinya dan meminta seorang anggota tim untuk mencek data yang saya masukkan tersebut. Kami menjalankan sebuah program percobaan untuk memastikan bahwa segalanya bekerja, dan hasilnya sempurna. Proyek ini mengurangi waktu perputaran pada pesanan pelanggan sampai 50 persen. Saya mendapat banyak pujian atas pekerjaan saya yang teliti, dan saya juga menerima bonus yang lumayan.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat
(C)
Ini adalah jawaban yang paling kuat karena detail yang diberikan. Ada indikasi yang kuat akan adanya kebutuhan untuk mencapai keakuratan namun bukan suatu sikap perfeksionis. Jawaban ini juga memperlihatkan kualitas-kualitas lainnya, seperti sikap terorganisir dan berkolaborasi dengan para anggota tim lainnya. Dengan menyebutkan angka penghematan yang didapatkan oleh perusahaan dan penghargaan yang diterima, Anda membuat sebuah kesan yang lebih kuat.

Jawaban Pertengahan
(B) Jawaban ini tidak kuat karena memberikan tekanan di tempat yang salah pada cerita dan mengubur informasi yang paling penting. Dimulai dengan spesifik dan kemudian bergulir menjadi informasi umum. Dengan berkata, "Proyek terakhir saya sangat berbeda dalam hal efisiensi order reparasi pelanggan," Anda telah meminimalkan efek proyek tersebut. Jawaban (C) menyatakan bahwa proyek tersebut mengurangi waktu perputaran sampai 50 persen, yang mana jauh lebih spesifik dan mengesankan.

Jawaban Terlemah
(A) Ini adalah jawaban yang paling lemah karena kurang memiliki detail yang spesifik namun juga dapat dilihat sebagai sesuatu yang agak perfeksionis. Dengan memberikan sebuah contoh spesifik dari suatu waktu ketika Anda mengerjakan proyek yang ada detailnya, Anda akan memperhalus kesan "selalu akurat."

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 0 poin. _____

-----------------------------